Pengembangan bahan ajar mata kuliah inovasi pendidikan dengan model Addie / Johan Sandi Muzani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah inovasi pendidikan dengan model Addie / Johan Sandi Muzani

Muzani, Johan Sandi (2011) Pengembangan bahan ajar mata kuliah inovasi pendidikan dengan model Addie / Johan Sandi Muzani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M. Pd. (II) Dr. Syaad Patmanthara M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Inovasi Pendidikan Model ADDIE. Mata kuliah Inovasi Pendidikan selain menjadi informasi tingkat kualitas pembelajaran yang dicapai juga menjadi landasan dalam pembentukan kemampuan pengetahuan dan wawasan pendidikan bagi calon tenaga pendidik umumnya. Realisasi tujuan mata kuliah inovasi pendidikan tersebut memerlukan sumber belajar yang mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan di lapangan ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran belum tersedia bahan ajar yang memadai tidak sesuai dengan karakteristik siswa dan kebutuhan belajar. Keterbatasan sumber belajar ini mengakibatkan rendahnya motivasi belajar mahasiswa. Salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan merancang dan mengembangkan bahan ajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengahsilkan bahan ajar mata kuliah inovasi pendidikan yang dirancang dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajar mahasiswa program Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam di Universitas Islam Malang. Model yang digunakan dalam mengembangkan bahan ajar ini adalah Model ADDIE (Reiser dan Mollenda 1990-an). Sedangkan untuk penyusunan bahan ajar merujuk pada pedoman penyusunan bahan ajar yang dikembangkan oleh Degeng (2001). Produk pengembangan berupa buku ajar panduan dosen dan mahasiswa diuji cobakan melalui evaluasi formatif yang meliputi beberapa tahap yaitu hasil review dari uji ahli isi ahli desain dan ahli media terhadap bahan ajar menunjukkan pada kategori sangat baik dengan persentase 89% 88% 93%. Dari hasil uji coba perorangan banyak masukan dan penilaian khususnya terhadap keterbacaan dan tampilan bahan ajar setelah direvisi produk di uji cobakan pada kelompok kecil melalui angket persentase yang diperoleh sebesar 81% berada pada kategori baik. Selanjutnya uji coba lapangan mendapat persentase sebesar 90% berada pada kategori sangat baik. Begitu juga dengan tanggapan dosen mata kuliah inovasi pendidikan sebesar 96% berada pada kategori sangat baik. Secara keseluruhan dari hasil uji coba ahli isi hingga uji coba lapangan data yang diperoleh menunjukkan bahwa produk pengembangan bahan ajar sudah Dapat dan Layak dipergunakan sebagai salah satu sumber belajar mata kuliah inovasi pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57095

Actions (login required)

View Item View Item