Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XI IPA I SMA Negeri 2 Ambon / Vabio C. Nanulaitta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XI IPA I SMA Negeri 2 Ambon / Vabio C. Nanulaitta

Nanulaitta, Vabio C. (2010) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran bahasa inggris kelas XI IPA I SMA Negeri 2 Ambon / Vabio C. Nanulaitta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

A B S T R A K Vabio Christofel Nanulaitta. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IPA I SMA Negeri 2 Ambon Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Univeristas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Ed. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Bahasa Inggris Kelas XI IPA Model ADDIE. Pada era global sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat. Demikian pula dengan perkembangan media teknologi yang digunakan dalam dunia pendidikan atau pembelajaran. Berbagai perangkat keras maupun perangkat lunak dalam dunia teknologi pun dimasukan sebagai alat bantu pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan tidak terkecuali mata pelajaran bahasa inggris. Artinya semua sumber untuk melakukan komunikasi yang dimaksudkan adalah perangkat keras seperti komputer televisi projektor LCD dan perangkat lunak seperti Microsoft Power Point Macromedia Flash Microsoft Visual Basic Microsoft Excel yang digunakan pada perangkat-perangkat keras itu serta multimedia. Bahasa Inggris merupakan bahasa global dimana bahasa inggris juga merupakan salah satu mata pelajaran bahasa asing yang diintegrasikan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan diajarkan pada setiap jenjang/ atau kelas pada level sekolah menengah atas (SMA). Mata pelajaran bahasa Inggris pada kelas XI IPA I merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan oleh pembelajar (Guru). Kenyataan dilapangan menunjukan terjadinya kekakuan dalam strategi penyampaian pesan pembelajaran atau terjadinya pola pembelajaran bahasa Inggris yang monoton yang bergantung pada satu media saja yang diperagakan atau disampaikan oleh pembelajar. Fasilitas penunjang pembelajaran yang difasilitasi sekolah tersebut (SMA Negeri 2 Ambon) seperti media-media elektronik (LCD/Infokus Laptop/ Komputer dan lain-lain) hanya menjadi pajangan saja. Guru bahasa Inggris pun jarang menggunakan dan bahakan tidak pernah menggunakan fasilitas media elektronik yang disediakan oleh sekolah tersebut dikarenakan mereka belum memiliki pedoman ataupun petunjuk praktikum dalam melaksanakan proses pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan alat bantu media-media elektronik tersebut. Berdasarkan berbagai masalah tersebut pengembang mencoba menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia sebagai alat bantu strategi penyampaian pesan pembelajaran yang baru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Maksud penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah untuk memotivasi pembelajar agar lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan strategi penyampaian pesan pembelajaran kepada pebelajar. Dengan demikian proses pembelajaran bahasa Inggris yang dulunya kaku dan monoton pada satu media menjadi menarik dan penuh ekspresi positif untuk dipelajari oleh pebelajar. Sedangkan dalam merancang media pembelajaran berbasis multimedia ini pengembang menggunakan model pengembangan ADDIE Malachowski 2007. Integrasi berbagai media atau multimedia yang dimasukan dalam pembelajaran bahasa Inggris tentunya menggunakan prosedur yang ada pada model pengembangan ADDIE tersebut. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran bahasa Inggris yang dikemas dalam wadah CD-ROM dengan menyertakan buku pedoman dan petunjuk praktikum bagi guru. Tujuan pengembangan adalah agar terjadinya peningkatan strategi penyampaian pesan pembelajaran yang efektif dan inovatif oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ambon. Siswa kelas XI IPA I yang dijadikan subjek coba dalam penelitian ini yakni 3 orang siswa dalam uji coba perorangan 9 orang siswa dalam uji coba kelompok kecil. Subjek coba untuk uji coba lapangan terdiri dari 1 orang guru bahasa Inggris dan 36 orang siswa kelas XI IPA I. Penelitian pengembangan ini menggunakan angket/ kuisioner dengan skala 5 sebagai instrument dalam pengumpulan data. Hasil pengembangan ini ditemukan dari uji validasi produk oleh Ahli isi bidang studi bahasa Inggris menyatakan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran bahasa Inggris mencapai kualifikasi sangat tinggi dimana rerata produk pengembangan adalah 90 87 %. Hasil validasi Ahli media pembelajaran adalah produk pengembangan mencapai kualifikasi sangat tinggi dengan rerata nilai 93 91 %. Hasil validasi Ahli disain pembelajaran adalah produk pengembangan mencapai kualifikasi cukup tinggi dengan rerata nilai 70 %. Hasil uji coba perorangan produk pengembangan mencapai rerata 88 % dinyatakan tinggi tingkat kualifikasinya. Hasil uji coba kelompok kecil produk pengembangan mencapai rerata 92 % dinyatakan sangat tinggi tingkat kualifikasinya. Selanjutnya yang terakhir dari hasil uji coba lapangan yang terdiri dari 36 orang siswa dan 1 guru bahasa Inggris. Hasil uji coba lapangan dari 36 siswa terhadap produk pengembangan mencapai rerata 88 1 % dinyatakan tinggi tingkat kualifikasinya dan hasil uji coba lapangan dari 1 orang guru bahasa Inggris terhadap produk pengembangan mencapai rerata 94 % dinyatakan sangat tinggi tingkat kualifikasinya. Dengan demikian media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI IPA I SMA Negeri 2 Ambon berada pada tingkat persentasi tinggi untuk peningkatan strategi penyampaian pesan pembelajaran. Beberapa kajian dan saran yang diajukan diperkirakan dapat meningkatkan persentase dan kualitas pemanfaatan produk adalah (1) Teknologi Multimedia (2) Komponen Mata Pelajaran dan (3) Keunggulan dan Keterbatasan Produk sedangkan saran adalah (1) Pemanfaatn Produk (2) Desiminasi Produk dan (3) Kelanjutan Pengembangan Produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57086

Actions (login required)

View Item View Item