Haruseptiowati, Ria (2009) Pengaruh metode pembelajaran stad (Student Team Achievement Division) Rias Vs PBL (Problem Based Learning) dan sikap warga belajar kejar paket B di Sanggar kegiatan belajar Kabupaten Malang terhadap kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran perkembangbiakan makhl. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kenyataan yang dapat diamati saat ini adalah bahwa sebagian besar proses pembelajaran IPA di sanggar kegiatan belajar diberikan dengan cara menyampaikan materi sebanyak-banyaknya dan warga belajar hanya mencatat apa yang diungkapkan oleh tutor. Siswa hanya ditugaskan untuk mencatat kembali apa yang diungkapkan oleh guru secara lisan tanpa mengolahnya sendiri. Pola pembelajaran seperti ini ada kecenderungan kurang memperhatikan hakikat pendidikan warga belajar tidak dilatih untuk dapat berpikir secara kritis agar mampu memahami konsep-konsep IPA secara mendalam. Pemahaman merupakan salah satu modal dasar bagi setiap manusia dalam menyongsong kehidupannya di masa yang akan datang. Kehidupan di masa yang akan datang sangat tergantung pada temuan-temuan dan terobosan-terobosan dalam bidang sains dan teknologi sedangkan pengembangan sains dan teknologi sangat tergantung pada minat serta penguasaan generasi muda pada prinsip-prinsip IPA. Sayangnya masih cukup banyak anak Indonesia yang masih menganggap mata pelajaran IPA sebagai mata pelajaran yang menjenuhkan karena banyaknya hafalan. Mereka lebih cenderung menghafal daripada memahami. Padahal pemahaman terhadap konsep dan prinsip dasar tersebut merupakan modal dasar bagi penguasaan selanjutnya. Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengungkap keunggulan metode PBL terhadap pencapaian kemampuan memecahkan masalah dibanding dengan metode STAD. Sampel penelitian adalah warga belajar kelas VIII pada SKB Kabupaten Malang berjumlah 60 orang yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Pengujian analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) 2 jalur setelah melalui tahap pengujian asumsi normalitas distribusi data homogenitas varian dan linieritas hubungan variabel dependen dan variabel kovarian. Semua analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan bantuan komputer dengan program SPSS 13.0 for Windows. Semua pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5% atau 0 05. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut (1) kemampuan memecahkan masalah kelompok yang belajar dengan metode PBL lebih tinggi dibanding kelompok yang belajar dengan metode STAD (2) tidak ada perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara kelompok yang mempunyai sikap positif terhadap matapelajaran IPA dibanding dengan kelompok yang mempunyai sikap negatif (3) tidak terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan sikap siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah. Berdasarkan temuan-temuan tersebut diajukan beberapa saran sebagai berikut (1) untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan menumbuh-kembangkan sikap positif siswa pada pelajaran IPA disarankan agar model pembelajaran PBL dipilih sebagai alternatif (2) penelitian lanjutan hendaknya dapat diarahkan pada pembelajaran bidang studi yang lain terutama untuk mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan memecahkan masalah yang lebih tinggi misalnya mata pelajaran matematika fisika kimia dan lain sebagainya pada berbagai jenjang kelas (3) penelitian tentang pengaruh sikap dapat dikembangkan tidak hanya pada sikap terhadap matapelajaran yang berfungsi sebagai variabel moderator tetapi sikap dapat dikembangkan menjadi variabel tergantung yaitu sikap terhadap metode pembelajaran dan sikap terhadap mata pelajaran dan (4) perlunya penelitian lanjutan untuk menguji pengaruh variabel-variabel lain yang lebih kompleks misalnya variabel moderator berupa gaya belajar kecerdasan ganda (multiple intelligence) motivasi berprestasi dan variabel terikat berupa unjuk kerja pemahaman konsep penerapan konsep dan menggunakan prosedur. ABSTRACTION Ria Hs.2009. Study The Influence Of STAD Versus PBL Method And Attitude Of Learning Group Package B At House Of Learning Activity Kab. Malang For The Ability Of Problem Solving In Studying Growing Species Live. Thesis. Learning Technology Program Post Graduated Program State University Of Malang Advisors (1). Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng MPd. (2) Prof. Dr. Ir. H. Suhardjono MPd. Dipl. HE Keywords Problem Based Learning STAD Attitude and Problem Solving Ability. The reality which can be observed today that the most studying process of IPA in House of Learning Activity was given the material as much as possible and learning member only jot down what the tutor said. Student (Learning Member) assigned to note/ jot down what the tutor said. Without processing the information by themselves. This kind of studying process made us paid less attention of the (substance) of education Learning Member was not trained to think critically in order to get deeply understanding the concept of IPA subject. Understanding is a basic principal for human life to face their life in the future. The future is depend on the innovation and the break throught of science and technology hence the developing of science and technology depend on the learning member enthusiasm and how the young generation mastered the principles of IPA subject. Unfortunately there were many of Indonesia kids (children) said that IPA subject as a bored subject because they only memorizing. They prefer to understand memorize than to understand. However to understand was principals to understand text concepts and principals. Quasi experiment research is aimed to express the better method of PBL compared with STAD in ability of problem solving. Sample of the research was 60 Learning Member of Package B Grade VIII at House Of Learning Activity Kabupaten Malang. Taken as cluster random sampling. The data was analyzed by descriptive analysis and two way of covariant analysis (ANACOVA) this analysis was done after the analysis of normality assumption distribution data variant homogeneity and the linearity of relation between dependent and covariant variables. All statistical analysis in this research applied computer program SPPS 13 0 for windows. All analysis of null hypothesis was done at significant level 5% or 0 05 Results of this research were (1) This ability of problem solving of the Learning Members who used PBL method were higher then who used STAD method. (2) There re no difference in the ability of problem solving between Learning Member who has negative and positive attitude in IPA subject. (3) There re no interactive influence between learning method and Learning Member s attitude to the ability of problem. Based on the result some suggestion were as follows (1) the PBL method was suggested as an alternative method to increase the ability of problem solving and to develop the positive attitude for IPA subject. (2) next research should be done for another subject especially for subject which were need deeply understanding in ability of problem solving such as mathematics physics chemist etc in every grade of studying (3) the research of attitude influence could be developed not only as the subject of moderator variable but also as a dependent variables that is attitude to learning method and attitude to learning subject. (4) it is important to the next research to analyze the influence of another complex variables such as learning style multiple intelligence achievement motivation as moderator variable and understanding concepts applying concepts and using procedures as dependent variables.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57076 |
Actions (login required)
View Item |