Pengembangan bahan ajar digital dasar rekayasa perangkat lunak untuk mahasiswa teknologi informasi menggunakan teori elaborasi / Romy Budhi Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital dasar rekayasa perangkat lunak untuk mahasiswa teknologi informasi menggunakan teori elaborasi / Romy Budhi Widodo

Widodo, Romy Budhi (2009) Pengembangan bahan ajar digital dasar rekayasa perangkat lunak untuk mahasiswa teknologi informasi menggunakan teori elaborasi / Romy Budhi Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widodo Romy Budhi. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Digital Dasar Rekayasa Perangkat Lunak untuk Mahasiswa Teknologi Informasi Menggunakan Teori Elaborasi. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. (II) Dr. Sulton M.Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar digital elaborasi DRPL Berdasarkan angket tanggapan dari mahasiswa yang menempuh mata kuliah Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (DRPL) di Universitas Ma Chung Malang ditemukan beberapa keinginan mahasiswa yakni tempat belajar lain diluar kelas pengorganisasian materi dan keterkaitan antara satu materi dengan materi yang lain. Pengembangan yang dilakukan berusaha menyelesaikan masalah belajar tersebut. Masalah kondisi belajar yang kurang disenangi oleh mahasiswa dipecahkan melalui pengembangan bahan ajar digital yang untuk mengoperasikan diperlukan lingkungan belajar yang dikondisikan menggunakan komputer. Masalah pengorganisasian dan keterkaitan materi dipecahkan dengan pengembangan bahan ajar digital yang menerapkan pengorganisasian isi dengan model elaborasi. Indikator penerapan pengorganisasian mencakup 4S yaitu selection sequencing synthesizing dan summarizing. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan memenuhi validitas dan keefektifan pembelajaran. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan adalah bahan ajar digital suatu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan bantuan komputer. Bahan ajar ini dapat digunakan di komputer pribadi (stand alone) maupun dapat diletakkan di server jaringan untuk dipakai bersama. Bahan ajar digital tidak menghilangkan sesi antar muka dengan dosen pembelajaran tetap didampingi dosen meskipun tidak menutup kemungkinan si-belajar menggunakannya di komputer pribadi. Isi pembelajaran dalam bahan ajar digital diorganisasi menggunakan teori elaborasi. Pemilihan strategi pengorganisasian elaborasi disesuaikan dengan analisis struktur orientasi mata kuliah DRPL mata kuliah ini tergolong konseptual. Beberapa penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa elaborasi bertahap lebih mampu memudahkan mahasiswa untuk belajar mengingat konsep dan prinsip. Pemanfaatan LMS (learning management system) menggunakan perangkat lunak Moodle merupakan implementasi dari multimedia lingkungan belajar (LEM). Di dalam LEM pembelajar atau dosen tidak mengendalikan aktivitas belajar melainkan didasari bagaimana menyediakan sumber-sumber belajar yang mendukung dan membantu si-belajar memahami dan memecahkan masalah. Hasil pengembangan di validasi melalui uji ahli desain pembelajaran ahli media dan ahli isi. Perbaikan produk juga dilakukan setelah mendapat masukan dari tiga orang mahasiswa dalam uji perorangan sembilan orang mahasiswa dalam uji kelompok kecil delapan belas mahasiswa dan seorang dosen mata kuliah DRPL dalam uji lapangan. Keefektifan bahan ajar digital diuji dengan menggunakan metode independent-samples t test (uji t independen) dan sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel ganda (kembar). Prestasi belajar diukur dengan mengadakan evaluasi belajar berupa kuis esai di akhir topik bahan ajar digital. Hasil pengujian menunjukkan terjadi perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57070

Actions (login required)

View Item View Item