Umamah, Nurul (2009) Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran bidang studi pada program studi pendidikan sejarah FKIP UNEJ dengan model Dick & Carey / Nurul Umamah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mata kuliah perencanaan pembelajaran bidang studi termasuk salah satu mata kuliah wajib fakultas. Tujuan akhir mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat menyusun dan mengembangkan desain pembelajaran. Karena mata kuliah perencanaan pembelajaran bidang studi berisi tentang prinsip-prinsip dalam menyusun dan mengembangkan desain pembelajaran maka kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah ini sangat diharapkan. Di samping itu mata kuliah ini penting bagi pengembangan kompetensi pedagogik para calon guru. Namun demikian dalam pelaksanaan pembelajarannya beberapa kendala dihadapi dalam perkuliahan. Kendala utamanya adalah referensi yang aplikatif dan membahas secara khusus tentang desain pembelajaran berbahasa Indonesia kurang. Referensi yang tersedia mayoritas berbahasa Inggris dan cenderung monoton serta kurang dapat menarik perhatian dan motivasi mahasiswa. Apalagi kemampuan bahasa Inggris mayoritas mahasiswa rendah di samping itu referensi yang tersedia tidak disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Kondisi ini bertentangan dengan kenyataan bahwa referensi menjadi salah satu kunci ketertarikan mahasiswa dalam mempelajari dan memahami materi perkuliahan mata kuliah perencanaan pembelajaran bidang studi. Permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran bidang studi harus segera mendapat perhatian dan pemecahan masalah. Bila tidak maka kompetensi mahasiswa calon guru dalam menyusun dan mengembangkan desain pembelajaran diragukan. Akibatnya kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru tidak terpenuhi. Pemecahan masalah terpenting yang harus segera ditangani adalah pengadaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan paket pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran bidang studi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model Dick Carey Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah. Namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yakni (1) (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik pebelajar (4) menulis tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi pembelajaran. Hasil pengembangan berupa draft paket pembelajaran diujicobakan. Uji coba yang telah dilakukan meliputi uji coba ahli isi mata kuliah (aspek desain pembelajaran dan aspek kesejarahan) uji coba ahli media pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penilaian/tanggapan dari masing-masing tahap digunakan sebagai masukan proses penyempurnaan paket pembelajaran. Hasil uji coba ahli untuk bahan ajar berada dalam kategori baik dan sangat baik. Dari hasil uji coba perorangan pengembang banyak mendapatkan perbaikan saran dan masukan. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil bahan ajar termasuk kategori sangat tepat/sangat jelas/sangat menarik. Dengan rerata persentase ketepatan 88.6% kejelasan 87.4% dan kemenarikan 85.9%. Panduan mahasiswa juga termasuk kategori sangat baik dengan rerata persentase 86.9%. Untuk uji coba lapangan bahan ajar termasuk kategori tepat/ jelas/ menarik dengan rerata persentase ketepatan 82.3% kejelasan 84.9% dan kemenarikan 83.5%. Penilaian/tanggapan dosen pembina mata kuliah terhadap bahan ajar temasuk kategori sangat tepat (96%)/ sangat jelas (96%) dan sangat menarik (94%). Panduan mahasiswa berada dalam kategori baik (84.4%). Panduan dosen dikategorikan sangat baik (94.3%). Peningkatan hasil belajar mahasiswa sangat signifikan terbukti dengan adanya perbedaan nilai pretes dan postes sebesar 35.9. Artinya paket pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kekuatan paket pembelajaran yang telah disusun adalah (1) paket pembelajaran disusun secara sistematis untuk digunakan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran (2) paket pembelajaran dapat menimbulkan minat baca (3) paket pembelajaran ditulis dan dirancang untuk kepentingan mahasiswa sehingga strukturnya berdasarkan kebutuhan mahasiswa dan kompetensi akhir yang akan dicapai. (4) paket pembelajaran mencantumkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran (5) paket pembelajaran disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel (6) paket pembelajaran memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berlatih (7) paket pembelajaran mengakomodasi kesulitan mahasiswa (8) paket pembelajaran memberikan rangkuman sehingga mempermudah proses belajar mahasiswa (9) gaya penulisannya komunikatif dan semi formal (10) Kepadatan isinya berdasarkan kebutuhan mahasiswa (11) dikemas untuk proses instruksional sehingga disertai panduan dosen dan panduan mahasiswa untuk menjelaskan cara mempelajarinya (12) menyajikan umpan balik sebagai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa untuk menilai dirinya sendiri (self assesment). Sedangkan kelemahan paket pembelajaran ini adalah disusun berdasarkan karakteristik mahasiswa program studi pendidikan sejarah sehingga keberadaannya sesuai dengan karakteristik mahasiswa program studi pendidikan sejarah FKIP UNEJ. Bila bahan ajar ingin digunakan secara luas perlu penyempurnaan atau revisi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |