Pengaruh interaktif strategi pembelajaran problem-based learning dan konvensional serta gaya belajar terhadap hasil belajar mata kuliah klinik keperawatan pada mahasiswa Program Studi Keperawatan Politeknik Kesehatan Malang / Atti Yudiernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh interaktif strategi pembelajaran problem-based learning dan konvensional serta gaya belajar terhadap hasil belajar mata kuliah klinik keperawatan pada mahasiswa Program Studi Keperawatan Politeknik Kesehatan Malang / Atti Yudiernawati

Atti Yudiernawati (2010) Pengaruh interaktif strategi pembelajaran problem-based learning dan konvensional serta gaya belajar terhadap hasil belajar mata kuliah klinik keperawatan pada mahasiswa Program Studi Keperawatan Politeknik Kesehatan Malang / Atti Yudiernawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sesuai dengan tujuan pendidikan D-III keperawatan dan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 239/U/1999 yaitu untuk menghasilkan lulusan yang profesional proses belajar mengajar dapat diperoleh dari berbagai pengalaman belajar antara lain melalui pengalaman belajar klinik yang di fokuskan pada kemampuan pemecahan masalah klien fenomena yang ada banyak mahasiswa yang memiliki pengetahuan faktual cukup tetapi gagal menggunakan pengetahuannya saat menangani pasien sesungguhnya. Salah satu faktor penyebab masalah dikarenakan terjadi dalam proses belajar mengajar pada saat program akademik berlangsung antara lain peran dosen yang dominan strategi pembelajaran yang tidak mendukung aktifitas mahasiswa serta kurang memperhatikan gaya belajar dari mahasiswa untuk itu perlu dipikirkan adanya perubahan dalam strategi pembelajaran . Problem-based learning merupakan salah satu model pembelajaran konstruktif yang merupakan salah satu strategi pembelajaran inovatif yang memberikan fasilitasi terhadap proses konstruksi pengetahuan berdasarkan penelitian dan upaya yang dilakukan mahasiswa terutama dalam pengintegrasian pembelajaran bidang ilmu dan ketrampilan pemecahan masalah dengan dua tahap inti yaitu analisis pemecahan masalah secara kolaboratif dan self-directed learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) ada perbedaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Problem-Based Learning dan konvensional (2) ada perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mahasiswa yang memiliki gaya belajar berbeda dan (3) Ada interaksi antara gaya belajar dan strategi pembelajaran dengan strategi PBL terhadap hasil belajar klinik keperawatan. Metode penelitian yang digunakan rancangan quasi eksperimental variabel penelitian (1) variabel bebas strategi pembelajaran PBL dan konvensional (2) variabel terikat hasil belajar pembelajaran klinik keperawatan dan (3) variabel moderator gaya belajar mahasiswa (visual auditory dan kinestetik). Subyek penelitian mahasiswa Prodi Keperawatan Malang tingkat II sejumlah 94 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan test baik untuk gaya belajar maupun hasil belajar klinik keperawatan. Tehnik analisa data menggunakan analisa varians (ANOVA) 2 jalur. Untuk analisis data dilakukan dengan bantuan komputer SPSS 11. Hasil penelitian diperoleh 1). Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan strategi problem based learning 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar pada mahasiswa dengan gaya belajar visual auditorial dan kinestetik 3) Tidak terdapat perbedaan interaksi antara penggunaan strategi problem based learning dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar klinik keperawatan Dari hasil penelitian beberapa rekomendasi yang dapat diberikan adalan institusi pendidikan keperawatan sebaiknya mampu membuat kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam mengembangkan model/strategi pembelajaran yang menekankan pada tugas keprofesian mahasiswa melalui berbagai alternatif seperti lokakarya dan seminar bagi dosen/pengajar sebaiknya terus mengembangkan diri dalam hal memfasilitasi mahasiswa untuk belajar salah satunya derngan lebih mengenali karakteristik mahasiswam terutama kecenderungan gaya belajar mahasiswa yang digunakan dan untuk penelitian lebih lanjut dapat dikembangkan padfa mata kuliah keperawatan secara komprehensif serta mengembangkan penelitian lain yang terkait dengan strategi pembelajaaran lain yang terkait dengan pengembangan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57065

Actions (login required)

View Item View Item