Hadi Soehartono (2009) Pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa Asing dengan pendekatan keterampilan terintegrasi di "Joint Program Berufsakademie Malang" / Hadi Soehartono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya kualitas dan pencapaian pembelajaran adalah dua persoalan krusial di bidang pembelajaran bahasa Inggris di tengah laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Dengan kondisi ini penggunaan komputer sebagai penerapan teknologi sangat penting dalam perancangan pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kualitas dan pencapaiannya. Penggunaan komputer sebagai penerapan teknologi pembelajaran dalam perspektif ini tidak hanya dapat menjadikan pembelajaran lebih efisien dan efektif tetapi juga dapat menjadikan pembelajaran lebih berhasil dengan pelibatan peran aktif pembelajar dan pebelajar. Jenis rancangan penelitian ini adalah kualitatif yang didekati dengan metode studi kasus tentang pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dengan pendekatan keterampilan terintegrasi di Joint Program Berufsakademie Malang . Subjek penelitian lima pebelajar semester II angkatan V (TI-5/2) tahun akademik 2005/2006 Jururan teknologi informatika dan informan dua pembelajar mata kuliah bahasa Inggris II. Tujuan penelitian ini memaparkan (1) cara pebelajar menggunakan strategi belajar bahasa. (2) cara pembelajar membelajarkan strategi belajar bahasa yang digunakan oleh pembelajar. (3) bentuk pendekatan bahasa pembelajaran strategi belajar. (4) bentuk pembelajaran keterampilan terintegrasi yang digunakan oleh pembelajar. Teknik-teknik yang digunakan dalam menjawab permasalahan-permasalahan penelitian meliputi pengamatan awal lapangan kegiatan observasi pengumpulan data lapangan wawancara pengumpulan dokumen analisa data dan menarik kesimpulan. Kesimpulan penelitian (1) kelima pebelajar menggunakan strategi belajar meta-kognitif kognitif afektif dan sosial untuk pelibatan aktif menyelesaikan aktivitas dan meningkatkan pengetahuan dan kecakapan bahasa Inggris.(2) cara pembelajar membelajarkan strategi belajar yaitu menggunakan bahasa Inggris untuk merencanakan dan mengevaluasi aktivitas tertulis pebelajar dan kombinasi bahasa tutur dan bahasa Inggris digunakan dalam pelaksanaan aktivitas. Kerangka model pembelajaran strategi belajar terdiri dari tahapan persiapan pembelajar sebagai fasilitator pembelajar sebagai koordinator peningkatan kesadaran latihan rencana tindakan monitor dan evaluasi diri ekspansi dan penilaian.(3) bentuk pendekatan bahasa pembelajaran strategi belajar yang digunakan pembelajar adalah implisit. Pebelajar tidak diberitahu tentang nama tujuan atau nilai strategi belajar spesifik tetapi pebelajar menyelesaikan aktivitas yang dirancang untuk memunculkan penggunaan strategi belajar spesifik. Perancangan aktivitas bertujuan agar pebelajar memiliki kesadaran dan tanggungjawab terhadap kebutuhan belajarnya sehingga pebelajar dapat menggunakan strategi belajar secara mandiri berdasarkan kemanfaatan ketepatan keefektifan dan efisiensinya. (4) bentuk pembelajaran keterampilan terintegrasi yang digunakan pembelajar adalah berbasis tugas. Pebelajar berpartisipasi dalam tugas komunikatif dan berinteraksi dalam kompleksitas bahasa yang digunakan dalam kehidupan nyata dan authentik untuk menyampaikan pesan-pesan penting dan pertukaran gagasan bermakna. Kerangka model pembelajaran ini meliputi fase pra-tugas pelaksanaan tugas (persiapan tugas dan perwujudan tugas dan fokus bahasa umpan balik dan monitor) dan paska-tugas (fokus bahasa evaluasi). Bertautan dengan kesimpulan penelitian berikut diajukan beberapa saran penelitian lanjutan dan pemanfaatan hasil penelitian (1) berdasarkan penggunaan strategi belajar oleh pebelajar disarankan untuk dilakukan penelitian lanjutan dengan pendekatan kuantitatif tentang efektifitas dan efisiensi pemilihan penggunaan monitor evaluasi dan pengembangan strategi belajar terhadap keberhasilan belajar dengan teknik uji perbedaan rata-rata hitung maupun teknik-teknik regresi dan korelasional. (2) berdasarkan temuan ini kerangka model pembelajaran strategi belajar akan memperkaya pengembangan model anatomi khasanah teoritik metodologi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dengan pendekatan keterampilan terintegrasi. (3) berdasarkan bentuk pendekatan bahasa pembelajaran strategi belajar implisit yang diimplementasikan disarankan dapat diperbandingkan kembali aspek keefektifannya sebelum diimplementasikan dengan pendekatan bahasa pembelajaran strategi belajar langsung dan terintegrasi agar diperoleh perbandingan yang lebih akurat agar pembelajaran lebih berhasil. (4) berdasarkan temuan ini kerangka model pembelajaran keterampilan terintegrasi berbasis tugas akan memperkaya pengembangan model anatomi khasanah teoritik metodologi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dengan pendekatan keterampilan terintegrasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57061 |
Actions (login required)
View Item |