Pengaruh harga diri, regulasi diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik siswa akselerasi / Muhammad Sholihuddin Zuhdi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh harga diri, regulasi diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik siswa akselerasi / Muhammad Sholihuddin Zuhdi

Zuhdi, Muhammad Sholihuddin (2013) Pengaruh harga diri, regulasi diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik siswa akselerasi / Muhammad Sholihuddin Zuhdi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci harga diri regulasi diri motivasi berprestasi dan prestasi akademik Prestasi akademik seseorang dipengaruhi berbagai aspek salah satu aspek yang mempengaruhi prestasi akademik adalah aspek psikologis diantaranya harga diri regulasi diri dan motivasi berprestasi. Seseorang yang memiliki harga diri regulasi diri dan motivasi berprestasi tinggi memungkinkan untuk dapat memiliki prestasi akademik yang tinggi. Penelitianini bertujuanuntukmenguji menguji model teoritik prestasi akademik siswa akselerasi danpengaruh harga diri regulasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik siswa akselerasi.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahCausal Relationship Study dan analisis data adalahujistatistikyaknistruktural equation modelling (SEM). Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa akselerasi kota kediri sejumlah 180 siswa. Data dikumpulkan menggunakan skala harga diri regulasi diri motivasi berprestasi kemudian prestasi akademik diperoleh dari nilai raport siswa dengan realibilitas Cronbach s Alpha masing-masing variabel memperoleh nilai harga diri 0.730 regulasi diri 0.673 dan motivasi berprestasi 0.830. Sedangkan hasil ujianalisisfaktoreksploratori KMO-MSA (Kaiser-Mayer-OlkinMeasurment of Sampling Adequacy)setiapvariabelmemperoleh harga diri 0.528 regulasi diri0.523 dan motivasi berprestasi 0.500 sedangkan nilai signifikasi masing-masing variabel adalah 0.000. Hasilujihipotesismelaluianalisis SEMdiperoleh kesimpulan bahwa model teoritik prestasi akademik siswa program akselerasi telah terbukti layak (GFI 0.924 dengan kriteria 0.900) dan memperoleh dukungan data empiris (x2 149.799 p 0.398 dengan kriteria 0.05) serta harga diri mempengaruhi motivasi berprestasi regulasi diri mempengaruhi motivasi berprestasi harga diri mempengaruhi prestasi akademik regulasi diri mempengaruhi prestasi akademik dan motivasi berprestasi mempengaruhi prestasi akademik. Saran penelitianinipenelitianini digunakan sebagai pijakan pengembangan keilmuan bimbingan dan konseling serta diharapkandapatmemperkuatbuktiempirismengenaihubunganantaramotivasiberprestasi regulasidiri danhargadiriterhadapprestasiakademik. Dan hasildaripenelitianini dapatdigunakansebagaianalisispadasiswaakselerasibahwafaktor yang mempengaruhikeberhasilanprestasiakademiksiswaakselerasimemperhatikanselainaspekkognitifadabanyakfaktor lain yang lebihmendukungnya hendaknya guru terutamakonselorharuslebihmemperhatikanaspekpsikologisdiantaranyahargadiri regulasidiri dan motivasiberprestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57029

Actions (login required)

View Item View Item