Persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMP Negeri 4 Kepanjen / Isa Ahmad Isa - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMP Negeri 4 Kepanjen / Isa Ahmad Isa

Ahmad, Isa (2009) Persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMP Negeri 4 Kepanjen / Isa Ahmad Isa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum merupakan pedoman mendasar dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan KTSP merupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yang efektif produktif dan berprestasi. Salah satu hal yang harus dipahami oleh guru untuk mengimplementasikan KTSP di sekolah adalah bahwa semua peserta didik dilahirkan dengan rasa ingin tahu yang tidak pernah terpuaskan dan mereka mempunyai potensi unuk memenuhi rasa ingin tahunya itu. Oleh karenanya guru tugas guru adalah mengkondisikan belajar yang efektif dan menyenangkan agar dapat memotivasi dan menumbuhkan minat belajar siswa. Untuk mengetahui pelaksanaan KTSP maka perlu kiranya diadakan penelitian mengenai persepsi guru terhadap pelaksanaan KTSP. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap pelaksanaan program KTSP (2) Mendeskripsikan persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap pelaksanaan pembelajaran KTSP (3) Mendiskripsikan persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap evaluasi hasil belajar dalam KTSP. Untuk mencapai tujuan tersebut dikumpulkan data dengan menggunakan instrumen angket. Populasinya adalah seluruh subjek penelitian yaitu semua guru yang mengajar di SMP Negeri 4 Kepanjen sehingga dapat disebut sebagai sampel total. Teknik analisis datanya adalah deskriptif dengan prosentase. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yakni (1) persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap pelaksanaan program KTSP setengah lebih responden (89%). ini berarti persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap pelaksanaan program KTSP adalah baik (2) persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap pelaksanaan pembelajaran KTSP setengah lebih responden (75%) ini berarti persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap pelaksanaan pembelajaran KTSP adalah cukup baik dan (3) persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap evaluasi hasil belajar dalam KTSP setengah lebih responden (81%) ini berarti persepsi guru di SMP Negeri 4 Kepanjen terhadap evaluasi hasil belajar dalam KTSP adalah baik. Untuk menunjang keberhasilan penerapan KTSP guru disarankan untuk lebih mendalami KTSP apakah dan bagaimanakah pelaksanaan KTSP guna penguasaan terhadap pelaksanaan KTSP guru disarankan menggunakan metode yang tepat dalam pelaksanaan KTSP. Dalam pelaksanaan evaluasi guru diharapkan mengumpulkan dan menggunakan informasi dengan sejumlah bukti untuk membuat keputusan tentang pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item