Arifin, Deasy Dwi Cahyaningtyas (2019) Pengembangan panduan teknik self instruction untuk meningkatkan kontrol diri terhadap pornografi bagi siswa X SMK / Deasy Dwi Cahyaningtyas Arifin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Arifin D.D.C. 2019. Pengembangan Panduan Teknik Self instruction untuk Meningkatkan Kontrol Diri Menghidar Dari Pornografi Bagi Siswa SMK. Tesis Jurusan Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitias Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. IM Hambali M. Pd dan (2) Dr. Blasius Boli Lasan M. Pd Kata Kunci self instruction kontrol diri pornografi. Kontrol diri dalam menghindari pornografi merupakan kemampuan siswa untuk mengatur perilaku mengelola informasi menekan perilaku yang negatif dan dapat memilih tindakan yang akan dilakukan. Melalui kontrol diri siswa dapat mengelola informasi dengan tepat menekan perilaku yang negatif dan dapat menentukan perilaku yang tepat seperti menolak ajakan teman untuk menonton pornografi.Teknik self instruction mengajarkan seseorang pada diri sendiri untuk dapat mengontrol perilakunya terutama pornografi seseorang yang memiliki kontrol diri yang rendah akan mudah terpengaruh terutama terpengaruh dengan pornografi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk panduan dengan teknik self instruction untuk meningkatkan kontrol diri menghindari dari pornografi yang layak dan diterima secara teoritis dan praktis sehingga dapat menjadi alternatif layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kontrol diri dalam menghindari pornografi. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Borg Gall (2003) dengan menggunakan 9 langkah penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen penilaian ahli media pembelajaran ahli bimbingan dan konseling dan calon pengguna skala kontrol diri dalam menghindari pornografi. Instrumen skala konrol diri dalam menghindari pornografi di analisis menggunakan eksperimen one-group pretest-posttest design. Hasil dari pretest dan posttest dari hasil pengujian Asymp.Sig (2.-tailed) dengan skor 012 menunjukkan terdapat perbedaan dari hasil pretest dan posttest kontrol diri dalam menghindari pornografi yang dikarenakan nilai 0.05. Hasil penilaian ahli media pembelajaran menunjukkan kelayakan dengan indeks validitas sebesar 0.95 termasuk kategori tinggi produk dilihat dari sisi format panduan media pembelajaran bagi guru BK hasil dari penilaian ahli bimbingan dan konseling menunjukkan kelayakan dengan indeks validitas 0.78 termasuk kategori sedang dan calon pengguna menunjukkan kelayakan dengan validitas 0.89 termasuk kategori tinggi dilihat dari sisi materi bimbingan dan konseling dalam panduan layanan bimbingan kelompok. Hasil keefektifan produk menunjukkan adanya perubahan yang signifikan terhadap meningkatnya kontrol diri menghindari dari pornografi bagi siswa SMK. Penelitian ini menghasilkan saran untuk konselor dan peneliti selanjutnya (1) sebelum menggunakan buku panduan teknik self instruction untuk meningkatkan kontrol diri menghindari dari pornografi bagi siswa SMK alangkah baiknya memahami isi dari panduan (2) peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan lebih lanjut terkait sasaran panduan teknik self instruction sehingga panduan teknik self instruction dapat digunakan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 03:22 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56968 |
Actions (login required)
View Item |