Utami, Ferisa Prasetyaning (2019) Keefektifan problem-solving strategy untuk meningkatkan kemampuan kelola emosi marah siswa SMA / Ferisa Prasetyaning Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Utami Ferisa Prasetyaning. 2018. Keefektifan Problem-Solving Strategy untuk Meningkatkan Kemampuan Kelola Emosi Marah Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Blasius Boli Lasan M. Pd. (2) Dr. IM. Hambali M. Pd. Kata Kunci Problem-solving Strategy kemampuan kelola emosi marah Kemampuan kelola emosi merupakan kemampuan individu untuk menemukan respon yang tepat ketika dihadapkan pada situasi emosional. Salah satu emosi yang menjadi perhatian khusus pada penelitian ini adalah emosi marah. Munculnya emosi marah disebabkan adanya penilaian yang negatif sebagai reaksi terhadap lingkungan atau situasi emosional. Remaja perlu memiliki keterampilan mengelola marah agar terhindar dari perilaku maladaptif dan dapat mencapai kematangan emosi sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa ketidakmampuan remaja untuk mengelola emosi akan berdampak munculnya perilaku-perilaku maladaptif seperti perilaku agresif melakukan kekerasan verbal dijauhi secara sosial dan konflik interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan Problem-Solving Strategy untuk meningkatkan kemampuan kelola emosi marah bagi siswa Sekolah Menengah Atas. Instrumen pengumpulan data untuk penjaringan subjek menggunakan tes kemampuan kelola emosi marah. Penelitian ini dilakukan di SMA Brawijaya Smart School Malang dengan subjek penelitian berjumlah 12 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group design yang dibagi menjadi dua kategori kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen (n 6) diberikan perlakuan Problem-Solving Strategy dan kelompok kontrol (n 6 ) diberikan perlakuan Thought Stopping Strategy. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik non-parametrik uji Wilcoxon Signed Rank Test dan uji Mann Whitney U Test . Uji Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk mengetahui perbedaan skor sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Uji Mann Whitney U Test untuk mengetahui perbedaan skor post-tes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem-Solving Strategy efektif untuk meningkatkan kemampuan kelola emosi marah. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test terhadap nilai pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen menghasilkan nilai Asymp Sig (1-tailed) adalah 0 0135 0 025 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor kemampuan kelola emosi marah kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Problem-Solving Strategy. Selanjutnya uji statistik Mann Whitney U Test yang menunjukkan bahwa Asymp. Sig (1-tailed) adalah 0 0445 0 025 sehingga disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan skor post-test antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga dapat disimpulkan teknik Problem-Solving Strategy dan Thought Stopping Strategy sama efektifnya untuk meningkatkan kemampuan kelola emosi marah. Pemberian intervensi Problem-Solving Strategy memiliki dampak pengiring sebagai temuan peneliti yang terjadi pada subjek penelitian yaitu adanya perubahan pola pikir subjek penelitian ketika menilai permasalahan memicu munculnya emosi marah dan pemilihan solusi untuk mengatasi konflik yang menyebabkan emosi marah sudah mengarah kepada solusi yang konstruktif. Berdasarkan penelitian ini saran bagi peneliti selanjutnya adalah perlu menambah durasi waktu intervensi dan mengkombinasikan dengan teknik behavioristik. Selanjutnya saran bagi konselor di sekolah adalah dapat dengan menerapkan intervensi teknik Problem-Solving Strategy sebagai alternatif teknik untuk meningkatkan kemampuan kelola emosi marah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |