Komsi, Dwi Noviana (2019) Konstribusi pola asuh demokratis, konsep diri dan kontrol diri terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Malang / Dwi Noviana Komsi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Komsi DwiNoviana. 2018. KontribusiPolaAsuhDemokratis KonsepDiridanKontrolDiriTerhadapMotivasiBelajarPadaSiswa SMA Negeri di Kota Malang. Tesis Program StudiBimbingandanKonseling Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. IM. Hambali M.Pd. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci PolaAsuhDemokratis KonsepDiri KontrolDiridanMotivasiBelajar Motivasibelajarsebagaipenumbuhgairahdalamsetiapdiriindividu sertamemunculkanperasaanpenggeraksemangatuntubelajar. Motivasibelajarjugamerupakan modal pentingbagisiswa agar dapatmeraihprestasidalambelajar. Motivasibelajar yang tinggiakanmempengaruhihasilkarenasiswaakanberusahauntukbelajardarimateri yang sudahdipelajari. Siswa yang memilikimotivasiakanmempunyaisemangatdanbanyakenergiuntukmelakukankegiatanbelajarsehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi secara parsial dan simultan pola asuh konsep diri kontrol diri terhadap motivasi belajar serta untuk mengetahui seberapa besar sumbangan efektif antara variabel independen terhadap variabel dependen. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Regresi Berganda. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh SMA Negeri yang berjumlah10 sekolahdanmemilikijumlahsiswasebanyak9.689 siswa di Kota Malang. Sampel penelitian inimenggunakansebanyak 313 siswa. PenentuansampelpenelitianmenggunakanteknikMultistage Cluster Sampling.Instrumen pada penelitian ini menggunakan skala yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas uji validitas menggunakan Analisis Faktor Eksploratori dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kontribusipolaasuhdemokratisterhadapmotivasibelajarsiswadiperolehnilaisignifikansi 0 000 yang mananilaiinilebihkecildari 0 05. (2) kontribusikonsepdiriterhadapmotivasibelajarsiswamemperolehnilaisignifikansi 0 111 yang artinyalebihbesardari 0 05. (3) kontribusikontroldiriterhadapmotivasibelajarmemperolehnilaisignifikansi 0 000 artinyalebihkecildari 0 05 dan besarnya sumbangan efektif variabel independen terhadap varibel dependen sebesar 21 1%.Sehinggadariuraiantersebutdapatdisimpulkanbahwapolaasuhdemokratisberkontribusiterhadapmotivasibelajar.Konsepdiritidakberkontribusiterhadapmotivasibelajarsiswadankontroldiriberkontribusiterhadapmotivasibelajardanterdapatsumbanganefektifantaravariabelindependen (polaasuhdemokratis konsepdiridankontroldiri) terhadapvariabeldependen (motivasibelajar).Apabila orang tuadapatmemahamidanmenggunakangayapolaasuhdemokratisdenganmaksimalmakamotivasibelajarsiswaakansemakinbaik.PadaKonsepdiritidakberkontribusiterhadapmotivasibelajar untukpembentukankonsepdiriinimembutuhkanwaktu yang relative panjang danhaliniterkaitsegalaaspek yang adadalamdiriindividu. Kontroldirimemilikikontribusiterhadapmotivasibelajar bahwakinerjaakademikmeningkatjikaorang yang sadarakantujuannya mengontrol mengaturdanmengarahkanimpulsnya mengikutiaturan lebihmemilihperencanaan yang matangdanmenunjukkanketekunandalammencapaikesuksesan.Mengingathasilpenelitianinimenjadi saran untukkonselor agar dapatmemberikanlayanandukungansistemuntuk orang tuasiswaberupakegiatanparentingyang dijadwalkandarisekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |