Panduan pelatihan manajemen waktu belajar untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah / Nur Khariroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Panduan pelatihan manajemen waktu belajar untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah / Nur Khariroh

Khariroh, Nur (2019) Panduan pelatihan manajemen waktu belajar untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah / Nur Khariroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Khariroh N. 2018. Pengembangan Panduan Pelatihan Manajemen Waktu Belajar Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Madrasah Aliyah. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M.A. (II) Dr. IM. Hambali M. Pd. Kata Kunci Manajemen Waktu Belajar Prokrastinasi Akademik Madrasah Aliyah Prokrastinasi akademik merupakan penundaan kegiatan berhubungan dengan pendidikan diantaranya terlambat sekolah mengumpulkan tugas tidak tepat waktu tidak masuk sekolah karena terlambat dan tidak mengumpulkan tugas. Siswa yang memiliki masalah prokrastinasi biasanya memiliki persepsi kontrol rendah terhadap waktu. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan pelatihan manajeman waktu belajar untuk mengurangi prokrastinasi akademik yang memenuhi keberterimaan dari segi ketepatan kegunaan dan keterlaksanaan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall (1983) tahap yang digunakan sampai dengan tahap uji kelompok kecil. Produk panduan ini telah di uji oleh satu ahli materi bimbingan dan konseling satu ahli media uji pengguna konselor sekolah dan uji kelompok kecil pada kelas XII H sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian dan pengembangan ini menggunakan kuesioner observasi wawancara skala prokrastinasi akademik. Teknik analisis data uji ahli menggunakan presentase. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa panduan pelatihan manajemen waktu belajar untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa Madarasah Aliyah telah memenuhi kriteria keberterimaan dari segi ketepatan kegunaan dan keterlaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka disarankan 1) konselor hendaknya menggunakan panduan pelatihan manajemen waktu belajar untuk mengurangi prkrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah. 2) penelitian selanjutnya disarankan untuk menguji keefektifan dan melakukan need assessment dan uji coba panduan pelatihan dengan populasi yang lebih luas untuk memperoleh generalisasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56964

Actions (login required)

View Item View Item