Keefektifan teknik expressive writing untuk mereduksi emosi negatif pada siswa SMAN 10 Malang / Septin Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik expressive writing untuk mereduksi emosi negatif pada siswa SMAN 10 Malang / Septin Anggraini

Anggraini, Septin (2018) Keefektifan teknik expressive writing untuk mereduksi emosi negatif pada siswa SMAN 10 Malang / Septin Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Anggraini Septin. 2018. Keefektifan Teknik Expressive Writing untuk Mereduksi Emosi Negatif pada Siswa SMAN 10 Malang. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. (II) Prof. Dr. Andi Mappiare AT. M.Pd Kata Kunci Expressive Writing Emosi Negatif Perubahan emosi negatif mempengaruhi sikap dan perilaku dalam berkomunikasi dengan orang lain. Emosi negatif yang muncul dan cara menyalurkannya pada setiap siswa memiliki perbedaan sesuai dengan tingkat emosi negatif yang dimiliki siswa. Adapun fenomena yang terjadi pada setiap siswa adalah kurangnya kesadaran meningkatnya emosi negatif pada siswa sehingga penyaluran emosi negatif siswa tersebut dengan cara yang tidak tepat. Emosi negatif merupakan bentuk emosi yang muncul ketika pencapaian tujuan individu tidak tercapai sesuai dengan keinginannya. Metode dalam penelitian eksperimen ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Singel-Subject Design (SSD). Rancangan yang digunakan adalah multiple baseline across subject. Rancangan multiple baseline across subject digunakan karena dalam penelitian ini memberikan treatment kepada beberapa subjek untuk mengetahui keefektifan treatmen yang digunakan yaitu teknik expressive writting untuk mereduksi emosi negatif siswa dalam dua kondisi yaitu Baseline dan Intervensi. Subjek yang diambil dalam penelitian ini dari kelas XI IPA-1 adalah 3 siswa yang memiliki tingkatan emosi negatif yang tinggi. Pada 3 siswa tersebut dijadikan ke dalam 1 kelompok konseling yang sama mendapatkan intervensi teknik expressive writing. Analisis data yang digunakan dalam penelitian berdasarkan rancangan eksperimen Single Subject Research Design dengan Tipe Multiple Baseline Across Subject adalah analisis data visual. Untuk mengetahui analisis data visual dilakukan untuk mengetahui perubahan yang terjadi setelah dilaksanakan intervensi. Analisis data visual dilakukan secara individual dilakukan dengan menstabulasikan hasil pengukuran dan menggambarkannya dalam grafik. Pada hasil analisis menunjukkan dalam strategi yang digunakan menunjukkan bahwa adanya perubahan yang signifikan terhadap keefektifan dalam pemberian intervensi expressive writting pada penurunan tingkat emosi negatif siswa. Saran untuk guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan intervensi yang digunakan oleh peneliti untuk membantu siswa dalam mereduksi emosi negatif siswa. Maka konselor dapat menggunakan intervensi yang digunakan peneliti dengan mempelajari skenario pelaksanaan konseling dengan teknik expressive writing untuk mereduksi emosi negatif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56961

Actions (login required)

View Item View Item