Keefektifan structured learning approach untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMA korban bullying / Baiq Lina Astini Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan structured learning approach untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMA korban bullying / Baiq Lina Astini Rahayu

Rahayu, Baiq Lina Astini (2018) Keefektifan structured learning approach untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMA korban bullying / Baiq Lina Astini Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Rahayu Lina Astini Baiq. 2018. Keefektiifan Structured Learning Approach Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMA Korban Bullying. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Andi Mappiare AT M.Pd (II) Dr. Triyono M.Pd Kata Kunci Panduan structured learning approach perilaku asertif korban bullying Perilaku asertif bukanlah suatu keterampilan yang sudah dimiliki sejak lahir untuk membentuk dan membiasakan siswa bersikap asertif diperlukan pelatihan asertif yang bertahap. Siswa yang mempunyai perilaku asertif rendah rentan menjadi korban bullying. Siswa yang menjadi korban bullying biasanya mempunyai ketakutan yang irasional dan tidak mampu mempertahankan hak-hak pribadinya. Untuk itu diperlukan pelatihan untuk meningkatkan perilaku siswa sehingga mampu menghadapi bullying seperti structured learning approach. Structured Learning Approach merupakan pendekatan pembelajaran yang terstruktur yang dikembangkan dari teori belajar social Structured Learning Approach memiliki 5 komponen diantaranya Instruction Modeling Role Playing Feedback dan Transfer of Training. Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan yang komprehenshif melalui tahapan yang terstruktur. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian experimental single group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA dan IPS siswa SMA Negeri 7 Malang yang diidentifikasi yang memiliki perilaku asertif rendah dan pernah menjadi korban bullying. Instrumen yang disusun dalam penelitian ini menggunakan metode angket (kuisioner). Untuk melihat perubahan peningkatan perilaku asertif siswa menggunakan teknik analisis data dengan statistik. Uji statistik non-parametrik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah uji-Wilcoxom. Uji validitas instrument dilakukan dengan menggunakan analisis factor komformatori dan uji realibilitas dengan menggunakan nilai Alpha Cronbach. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh konselor dalam menyampaikan materi tentang perilaku asertif dan bullying melalui kegiatan bimbingan kelompok sehingga akan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disajikan. Mengingat hasil penelitian ini memberikan manfaat bagi proses layanan bimbingan dan konseling maka disarankan kepada konselor untuk menjadikan pelatihan Structured Learning Approach sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas dalam layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56959

Actions (login required)

View Item View Item