Pengembangan Electronic Publishing (EPUB) paket bimbingan efikasi diri pengambilan keputusan karier siswa SMK / Karina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Electronic Publishing (EPUB) paket bimbingan efikasi diri pengambilan keputusan karier siswa SMK / Karina

Karina (2018) Pengembangan Electronic Publishing (EPUB) paket bimbingan efikasi diri pengambilan keputusan karier siswa SMK / Karina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Karina. 2018. Pengembangan Electronic Publishing (EPUB) Paket Bimbingan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si. (II) Dr. Muslihati M.Pd. Kata Kunci electronic publishing paket bimbingan efikasi diri pengambilan keputusan karier siswa SMK. Siswa SMK memiliki potensi dalam melakukan eksplorasi karier sehingga dapat memiliki keyakinan dalam mengambil keputusan karier yang sesuai dengan potensi namun berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap siswa kelas X dan XI SMK Negeri 2 Malang menghasilkan data bahwa dari sejumlah 67 siswa diketahui 14 siswa dengan persentase 21% memiliki efikasi diri pengambilan keputusan karier (EDPKK) dalam kategori rendah kemudian 37 siswa dengan persentase 55% berada dalam kategori sedang dan 16 siswa dengan persentase 24% memiliki EDPKK tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan alternatif solusi dalam bentuk pengembangan Electronic Publishing (EPUB) paket bimbingan EDPKK. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan EPUB paket bimbingan EDPKK siswa SMK Negeri 2 Malang yang memenuhi keberterimaan aspek teoritis maupun praktis sehingga dapat menjadi panduan konselor dalam memberikan layanan bimbingan karier khususnya EDPKK. Tahapan pengembangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg Gall (2003). Taraf keberterimaan produk diketahui melalui analisis uji produk oleh dua ahli materi dua ahli media dan dua pengguna (konselor) yang kemudian dianalisis menggunakan inter-rater agreement model yang dikembangkan oleh Gregory (2011) untuk mengetahui reabilitas data hasil uji ahli materi selain itu dilakukan analisis validitas yang diperoleh dari rata-rata data kuantitatif sehingga diketahui taraf keberterimaan yang meliputi ketepatan kegunaan kelayakan dan kemenarikan produk. selanjutnya perbaikan produk bersumber pula dari data deskriptif yang mencakup saran perbaikan komentar kritik dari ahli dan calon pengguna. Analisis inter-rater agreement model yang telah dilakukan memaparkan kesimpulan bahwa nilai dari dua ahli materi dua ahli media dan dua pengguna (konselor) berada dalam kategori keberterimaan sangat tinggi. Kemudian untuk hasil rerata diperoleh kesimpulan menurut ahli materi I dan II berada dalam kategori produk sangat tepat berguna sangat layak dan menarik . Selanjutnya menurut ahli media I dan II produk berada dalam kategori sangat tepat sangat berguna sangat layak sangat menarik dan menarik.EPUB paket bimbingan EDPKK untuk konselor dan siswa berdasarkan uji coba awal dapat ditarik kesimpulan memenuhi aspek keberterimaan secara teoritis dan praktis telah sangat tepat sangat berguna sangat layak dan menarik.Hasil pengembangan yang telah dianalisis menghasilkan kesimpulan bahwa produk dapat digunakan oleh konselor dan siswa dalam bimbingan EDPKK sesuai dengan perkembangan digitalisasi pada saat ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56958

Actions (login required)

View Item View Item