Pengembangan panduan pertimbangan nilai ajaran nengah nyappur etnis Lampung untuk mereduksi perilaku bullying siswa SMK / Permata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pertimbangan nilai ajaran nengah nyappur etnis Lampung untuk mereduksi perilaku bullying siswa SMK / Permata Sari

Sari, Permata (2018) Pengembangan panduan pertimbangan nilai ajaran nengah nyappur etnis Lampung untuk mereduksi perilaku bullying siswa SMK / Permata Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Permata. 2018. Pengembangan Panduan Pertimbangan Nilai Ajaran Nengah Nyappur Etnis Lampung untuk Mereduksi Perilaku Bullying Siswa SMK. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd. (II) Prof. Dr. Andi Mappiare AT. M.Pd. Kata Kunci pertimbangan nilai nengah nyappur perilaku bullying Terbatasnya pendekatan berbasis budaya membuat guru BK mengalami kesulitan dalam proses konseling. Kesulitan dalam menyesuaikan antara tujuan dari pendekatan konseling barat dengan nilai-nilai budaya setempat sehingga diperlukan upaya untuk mengelaborasi dengan cara memasukkan nilai-nilai budaya masyarakat setempat ke dalam pendekatan konseling tanpa mengubah landasan filosofis yang dimiliki oleh teori konseling yang telah mapan (teori barat). Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan deskripsi format dan isi panduan pertimbangan nilai ajaran nengah nyappur untuk mereduksi perilaku bullying siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan dari model Borg and Gall yang terdiri dari tujuh langkah. Ketujuh langkah yang diimplementasikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan peneliti ketujuh tahap ini meliput (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji ahli (5) revisi produk tahap I (6) uji kelompok kecil dan (7) Revisi Produk Tahap II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) instrumen penilaian ahli dan 2) instrumen penilaian calon pengguna. Analisis yang digunakan adalah analisis validitas isi Aiken s V dengan rentang koefisien validitas 0-1 00. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah panduan pertimbangan nilai berisi ajaran nengah nyappur untuk mereduksi perilaku bullying siswa SMK. Hasil analisis data berdasarkan penilaian ahli dan calon pengguna menunjukkan bahwa tingkat kesepakatan terhadap panduan pertimbangan nilai berada dalam kategori tinggi artinya panduan pertimbangan nilai dinyatakan layak digunakan dan memenuhi unsur keberterimaan suatu produk yang terdiri dari aspek kegunaan kemudahan ketepatan dan kemenarikan. Mengingat keterbatasan dalam penelitian ini disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melanjutkan pada penelitian eksperimen untuk mengetahui tingkat keefektifan produk yang telah dikembangkan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56956

Actions (login required)

View Item View Item