Pengembangan panduan bimbingan perencanaan karier untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier siswa SMA / Veno Dwi Krisnanda

Krisnanda, Veno Dwi (2018) Pengembangan panduan bimbingan perencanaan karier untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier siswa SMA / Veno Dwi Krisnanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Krisnanda, Veno, Dwi 2018, Pengembangan Panduan Perencanaan Karier untuk Meningkatkan Pengambilan keputusan Karier Siswa SMA. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli. M.A. (II) Dr. Blasius Boli Lasan. M.Pd. Kata Kunci: Panduan, Perencanaan Karier, Pengambilan keputusan karier. Penelitian panduan bimbingan perencanaan karier untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier siswa SMA dalam memilih karier ini dilatar belakangi oleh konselor yang kesulitan dalam memberikan informasi serta layanan karier siswa agar tidak salah dalam mengambil keputusan kariernya di masa yang akan datang, konselor juga harus menyiapakan individu agar dapat mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan karakteristik yang dimiliki siswa maka diperlukan media untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier berupa panduan bimbingan perencanaan karier untuk siswa SMA. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan bimbingan perencanaan karier siswa SMA dengan sasaran kelas IX sebagai media yang dapat digunakan konselor dalam melakukan layanan bimbingan karier. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian R&D Borg and Gall (1983). Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan sebagai berikut. 1) tahap Perencanaan, 2) tahap pengembagan produk, 3) tahap uji coba produk . isi dari produk berupa panduan bimbingan perencanaan karier siswa SMA. Dalam panduan ini adalah media untuk membantu siswa dalam merencanakan karier dan mengambil keputusan karier. Tahap perencanaan ini dilakukan berdasarkan need asessment yang dilakukan sebelum penelitian dan melakukan wawancara terhadap konselor sebagai alat pengumpul data untuk studi pendahuluan, kemudian melakukan tahap pengembangan produk dengan menentukan tujuan umum dan khusus panduan bimbingan yang akan dibuat sehingga panduan bimbingan perencanaan karier ini dapat diuji oleh ahli media, ahli materi dan pengguna panduan berdasarkan empat aspek yaitu ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan. Produk ini kemudian dapat di uji coba. Adapun materi yang digunakan pada panduan ini yaitu 1) Pengenalan diri, 2) Pengetahuan sekolah lanjutan, 3) pemilihan rencana karier, 4. Pemilihan keputusan karier dan 5) melaksanakan rencana. Hasil pengembangan ini diperoleh dari penilaian yang diberikan oleh para ahli ini mendapatkan nilai yang cukup baik dan baik dari aspek aspek yang di nilai pada panduan bimbingan perencanaan karier siswa SMA. Indeks uji ahli menunjukkan nilai 0,75 uji ahli BK Indeks dari perhitungan diatas sebesar 1.00 dan 0,85 serta hasil uji materi Indeks dari perhitungan diatas sebesar 0.80 dan 0,74 Penilaian ini menunjukkan keberterimaan panduan perencanaan karier siswa SMA memiliki ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan yang bisa digunaan kepada siswa untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier. Saran bagi konselor SMA Negeri 1 Singosari berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran sebagai berikut, konselor SMAN 1 Singosari hendaknya menggunakan penelitian tindakan bimbingan, dan utuk peneliti selanjutnya hendaknya menguji keefektifan pada panduan ini dengan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56954

Actions (login required)

View Item View Item