Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) / Khoirul Mustofa

Mustofa, Khoirul (2018) Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) / Khoirul Mustofa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mustofa, Khoirul. 2018. Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Keterampilan Mengelola Marah Berdasarkan Konsep Islam untuk Siswa Madrasah Aliyah(MA). Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Adi Atmoko, M.Si., (2) Dr. Muslihati, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: mengelola marah, konsep Islam, pengembangan. Perkembangan dan pertumbuhan manusia yang masuk pada masa remaja memilikiperhatiankhususdan juga keunikan yang patutuntukditelititerutamadalamhalemosi.Banyakhal yang berhubungandengankondisiemosidari para remaja yang masihlabilsehinggabanyakpermasalahandari para remaja yang terkaitdengankondisiemosinyadan juga keterampilandalammengelolanya.Bimbingandankonselingakanmenjadisalahsatupenunjangkeberhasilandari para pesertadidikuntukmemberikanpelatihandalampeningkatanketerampilanmengelolaemosipadadiriremaja. Keterampilanmengelolaemositerutama yang berhubungandenganmarahsudahdiajarkandalamajaran Agama Islam melalui Al Quran dan As Sunnah (hadisnabi). Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk siswa MA yang memenuhi aspek keberterimaan (akseptabilitas). Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall (2003) yang dimodifikasi oleh Sukmadinata (2009) menjadi tiga tahap, yaitu: 1) tahap I yaitu tahap persiapan, 2) tahap II yaitu tahap pelaksanaan, dan 3) tahap III yaitu tahap uji coba, sedangkan pada model pengembangan Borg & Gall (2003) hanya sampai pada langkah ke-7yaiturevisiprodukdarihasilujicobakelompokterbatas.Penelitianpengembanganinimenggunakansubjeksiswa di Madrasah Aliyahbaikkelas X, XI maupun XII. Instrumen analisisuntukmelakukanpengukurantingkatakseptabilitas (keberterimaan)dariproduk yang dikembangkan adalah wawancara dan skala yang didalamnyaterdapat 3 aspek yang diukuryaituaspekketepatan (accuracy), kegunaan (utility), danaspekketerlaksanaan (feasibility). Analisisdariskalaakseptabilitasakan dianalisis dengan menggunakan modelinter-rater agreement model, sedangkan datadarihasilwawancara, saran, kritik, masukanditulisapaadanyasebagaibahanperbaikanproduk.Hasilanalisisdariskalaakseptabilitaspenilaian ahli menunjukkanindekshasilsebesar0,86 danhasilanalisisdariskalaakseptabilitascalonpengguna(konselor) menunjukkanindekshasilsebesar0,93. Dari keduahasilanalisistersebut, makaprodukinitermasukdalamkategori validmerujukpadatabelkategoridalamSugiyono (2008) yang menyatakanjikarxy ≥ 0,7 makamasukdalamkategori valid, yang artinyaprodukinitelah memenuhi kriteria keberterimaan (akseptabilitas). Sedangkan hasil uji cobakelompok terbatas (siswa) menunjukkan bahwa buku panduan ini mudah dipahamidandilaksanakan. Saranpenelitiandaripengembanganiniyaituguru bimbingan dan konseling diharapkandapat melaksanakan pelatihanpengelolaanmarahmenggunakan panduan pelatihan keterampilan mengelola marah berdasarkan konsep Islam untuk meningkatkan keterampilan mengelola marah siswa karena sudah terbukti keberterimaannya, sedangkanuntuk para peneliti selanjutnya diharapkandapatmelakukanpenelitian efektivitasdari panduan ini dengan melakukan penelitian eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56953

Actions (login required)

View Item View Item