Keefektifan teknik chess counseling untuk menurunkan stres pada mahasiswa pendamping di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang / Minanur Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik chess counseling untuk menurunkan stres pada mahasiswa pendamping di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang / Minanur Rohman

Rohman, Minanur (2018) Keefektifan teknik chess counseling untuk menurunkan stres pada mahasiswa pendamping di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang / Minanur Rohman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Rohman Minan. 2018. Keefektifan Teknik Chess Counseling Untuk Menurunkan Stres Pada Mahasiswa Pendamping Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Adi Atmoko M.Si. (II) Dr. Tutut Chusniyah M.Si Kata Kunci Chess Counseling Menurunkan Stres Teknik Chess counseling mengacu pada teknik Analisis Transaksional dibawah naungan psikoanalisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik chess counseling untuk menurunkan stres. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa yang menjadi pendamping di Asrama Al Jamiah Sunan Ampel Al Aly Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hipotesis pada penelitian ini yaitu teknik chess counseling efektif untuk menurunkan stres pada mahasiswa pendamping di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek tiga mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis eksperimen. Pendekatan Single Subjek desain A B A. Analisis data yang digunakan adalah analisis Grafik. Alat pengumpulan data menggunakan skala stres serta wawancara dan observasi sebagai pendalaman dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan NFAK DI dan PFH terjadi penurunan skor stres dari hasil data observasi dan wawancara dari naik menjadi turun. Mahasiswa NFAK dari 33 (naik) menjadi 23 (turun) mahasiswa DI dari 31 (naik) menjadi 22 (turun) dan mahasiswa PFH dari 32 (naik) menjadi 22 (turun). Pada subjek NFAK subjek DI dan subjek PFH terjadi data tumpang tindih 3 dengan skor 43 % pada semua mahasiswa yang mendapat intervensi chess counseling. Teknik chess counseling tidak efektif untuk menurunkan stres. Selama proses pemberian teknik chess counseling baik digunakan saat intervensi tetapi setelah intervensi dilepas teknik chess counseling sudah tidak berkelanjutan pada penelitian ini. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan ada beberapa saran yang bisa diberikan kepada konselor hendaknya mempraktekkan teknik chess counseling untuk menangani permasalah stres. Pemangku kebijakan seharusnya menyediakan ruang kepada para konselor agar bisa membantu permasalahan yang ada di asrama. Pada peneliti berikutnya diharap mengembangkan teknik chess counseling dengan desain yang lain seperti multi baseline atau menggunakan A-B-A-B.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56952

Actions (login required)

View Item View Item