Pengembangan panduan pelatihan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP / Titis Firdia Nastiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP / Titis Firdia Nastiti

Nastiti, Titis Firdia (2018) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP / Titis Firdia Nastiti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nastiti Titis Firdia. 2018. Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Menyelesaikan Konflik Secara Konstruktif dengan Dialog Socrates Berbantuan Media Wayang Kulit Untuk Siswa SMP. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci Panduan Pelatihan Kesadaran Menyelesaikan Konflik Konstruktif Dialog Socrates Wayang Kulit. Penelitian pengembangan panduan pelatihan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP dilatar belakangi oleh maraknya kasus tindakan kekerasan yang dilakukan siswa SMP. Selama ini dalam kenyataannya sebagian besar siswa kurang memiliki kesadaran dalam menyelesaikan konflik dengan jalan damai dan menganggap bahwa kekerasan merupakan jalan yang tercepat untuk menyelesaiakan masalah yang sedang dihadapi siswa. Terciptanya konflik yang terjadi antar siswa disebabkan adanya perbedaan persepsi yang tidak bisa segera diselesaika. Dalam mengatasi dampak rendahnya kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif siswa maka diperlukan campur tangan berupa bantuan konselor melalui pendekatan bimbingan secara tepat dan terpadu. Tetapi pada kenyataannya di lapangan masih banyak konselor yang kurang dalam menggunakan media untuk pencegahan konflik siswa dikarenakan konselor masih belum bisa mengembangkan media untuk memberikan layanannya. Oleh sebab itu perlu adanya penelitian melalui pengembangan media untuk menunjang bimbingan berupa panduan pelatihan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit. Pengembangan ini bertujuan membuat produk berupa panduan pelatihan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit sebagai media yang praktis bagi konselor untuk melaksanakan kegiatan bimbingan. Dalam pelaksanaannya pengembangan panduan pelatihan ini mempunyai suatu keuntungan misalnya mendorong siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan kesadaran bagaimana menghadapi dan menyelesaikan konflik secara konstruktif yang sedang mereka hadapi dan berdiskusi ketika melaksanakan dialog Socrates. Penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif melalui dialog Socrates berbantuan media wayang kulit. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall (1983). Prosedur pengembangan yang dilakukan adalah sebagai berikut 1) melakukan riset dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan produk 4) uji coba produk 5) revisi produk utama dan 6) produk akhir. Data yang dijaring pada penelitian ini menggunakan angket penilaian ahli dan angket calon pengguna. Hasil pengembangan yang telah dihasilkan yaitu buku panduan pelatihan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif dan media wayang kulit yang dikemas dalam bentuk DVD. Persentase kesepakatan yang dicapai oleh ahli BK ahli Media dan Ahli Wayang yaitu sebesar 66 7% ahli menyatakan layak. Dalam buku panduan pelatihan berisi mengenai tahap-tahap pelaksanaan pelatihan untuk membantu siswa meningkatkan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif disertai dengan langkah-langkah yang menggunakan materi konflik yang dikemas dalam bentuk media wayang kulit yang mana cerita konflik berkaitan dengan kehidupan sehari-hari agar memudahkan siswa dalam pelaksanaan pelatihan. Berdasarkan hasil analisis data penilaian para ahli dan calon pengguna produk serta revisi-revisi yang telah dilakukan sesuai saran dan masukan terhadap panduan pelatihan disimpulkan bahwa panduan untuk konselor layak digunakan dan memenuhi aspek keberterimaan produk. Berdasarkan hasil penelitian maka sarannya agar pengembangan panduan pelatihan dapat memfasilitasi guna dijadikan referensi dalam penerapannya di sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dapat dilaksanakan pada jam pelajaran pendidikan karakter karena durasi pelatihan yang tidak bisa dipotong karena tahap-tahap yang terdapat pada panduan pelatihan merupakan tahap kesatuan yang difokuskan dalam upaya meningkatkan kesadaran menyelesaikan konflik secara konstruktif dengan yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56951

Actions (login required)

View Item View Item