Pengembangan panduan konseling karier model kipas bagi guru BK untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik SMK / Muhammad Nikman Naser - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling karier model kipas bagi guru BK untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik SMK / Muhammad Nikman Naser

Naser, Muhammad Nikman (2018) Pengembangan panduan konseling karier model kipas bagi guru BK untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik SMK / Muhammad Nikman Naser. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Naser Muhammad Nikman. 2018. PengembanganPanduanKonselingKarier Model KIPAS bagi Guru BK untukMeningkatkanKematanganKarierPesertaDidik SMK. Tesis Program StudiBimbingandanKonseling Pascasarjana UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Prof. Dr. AndiMappiare A.T. M.Pd (II) Prof.Dr.NurHidayah M.Pd. Kata Kunci konselingkarier model KIPAS kematangankarier. Kematangankarieradalahkomponenpentingdalamrangkaiantugasperkembanganpesertadidiktingkat SMK.Berbagaiupayauntukmeningkatkankematangankariertelahdilakukan namunhasilnyamasihjauhdariharapan. Demi mewujudkankematangankarierdibutuhkan usaha dan kerja samaantara Guru BK danpemangkukebijakan agar tercapaihasil yang optimal. Guru BK sebagai helping profession memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kematangan karier dengan memberikan layanankonseling yang bersifat praktis dan tepat budaya. Pendekatanberbasisbudayakonselingkarier model KIPAS menjadialternatifsolusikarena dirancang sesuai dengan sosio-psikologis peserta didik di Indonesia.Tujuanpenelitaninisecararinciadalah (1) diperolehdeskripsi format panduankonselingkariermodel KIPAS yang berterimasecarateoritisdanpraktis (2) diperolehdeskripsiisipanduankonselingkarier model KIPAS yang secarapotensialdapatmeningkatkankematangankarierpesertadidik. Berdasarkanketercapaiankeduatujuaninimakadihasilkansebuahpanduankonselingkarier model KIPAS sebagaiprodukpenelitian. Metodepenelitiandanpengembanganmenggunakan model Borg and Gall (1983) yang dimodifikasisesuaidengankondisisehinggamenjadi 7 langkah. Ketujuh tahapan tersebut sebagai berikut (1) studi pendahuluan (2) pengembangan produkawal (3) ujiahli (4) revisi produk 1 (5) ujicobapengguna (6) revisiprodukakhir dan(7) uji coba lapangan.Adapunujiefektifitasmenggunakanone grouppretest-posttestdesign.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniyaitu pedomanwawancara kuesioner pedomanobservasi danskalakematangankarier. Rangkaianpengujianmenunjukkanbahwaproduktelahlayakdigunakandanefektifuntukmeningkatkankematangankarierpesertadidikterlihatdariperbedaanhasilpretest sebesar 42 3% danposttest sebesar 72 8%. Saran bagi Guru BK diharapkanlebihberkreasitanpaharusterpakupadapetunjuk-petunjukteknispanduandandiimbangidenganmengikutipelatihankonseling model KIPAS secaraberkala.Pengembanganlebihlanjutdapatmemperbanyaklatihandantugas-tugasberkenaandenganeksplorasipengetahuankariersertamenambahkannilai-nilaibudayakerjanusantarabaikdaripantundan motto budaya.Selainituhendaknyamenggunakandesain yang berbeda agar konselingkarier model KIPAS dapatlebihterujikeefektifannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56950

Actions (login required)

View Item View Item