Keefektifan teknik mind mapping dengan structured learning approach dalam meningkatkan keterampilan goal setting akademik siswa SMP / Nike Hardianti

Hardianti, Nike (2018) Keefektifan teknik mind mapping dengan structured learning approach dalam meningkatkan keterampilan goal setting akademik siswa SMP / Nike Hardianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Hardianti, Nike. 2018. Keefektifan Teknik Mind Mapping Dengan Structured Learning Approach Dalam Meningkatkan Keterampilan Goal Setting Akademik Siswa SMP. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini, M.A. (II) Dr. IM. Hambali, M.Pd. Kata Kunci: Teknik Mind Mapping, Structured Learning Approach, Goal Setting Akademik. Keterampilan goal setting adalah suatu keterampilan dalam merencanakan dan memantau kemajuan akademik menjadi lebih spesifik dan relevan sehingga membuat siswa termotivasi untuk berusaha menjadi lebih baik. Dalam menetapkan keterampilan goal setting diperlukan kesadaran, misalnya dalam membuat suatu pilihan baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang seorang individu harus memikirkan dan mempertimbangkan baik atau buruknya sebagai sebuah konsekuensi. Keterampilan goal setting akademik penting dalam menunjang pengelolaan hidup menjadi lebih terarah dan efisien. Oleh karena itu, keterampilan goal setting akademik merupakan salah satu keterampilan yang penting dimiliki oleh siswa dalam mencapai keberhasilan akademik. Berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan siswa saat ini adalah mereka banyak menghabiskan waktu yang tidak bermanfaat dibandingkan dengan urusan akademik. Kebiasaan para siswa sekarang tanpa adanya tujuan yang berkaitan dengan akademik, seperti suka begadang untuk bermain game online, nongkrong berjam-jam di mall, menonton TV sampai lupa waktu, dan menundanunda waktu untuk belajar. Peneliti memilih salah satu teknik yang menarik dalam melatihkan keterampilan goal setting akademik, yaitu teknik mind mapping dengan pendekatan structured learning approach. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis true experiment menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2017/2018. Penentuan subjek penelitian melalui teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah 117 siswa yang kemudian dikerucutkan menjadi 20 subjek sebagai sampel penelitian yang memiliki kategori keterampilan goal setting akademik rendah, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan intervensi teknik mind mapping dengan structured learning approach, sedangkan kelompok kontrol diberikan intervensi teknik mind mapping. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric Uji Wilcoxon signed rank test dan Uji Mann-Whitney U test. Hasil Uji Wilcoxon test menunjukkan ada peningkatan keterampilan goal setting akademik pada masingmasing kelompok setelah mendapatkan intervensi. Sementara itu, hasil Uji Mann- Whitney U test menunjukkan ada perbedaan rata-rata keterampilan goal setting akademik diantara dua kelompok setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat dibuktikan oleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan derajad signifikansi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56949

Actions (login required)

View Item View Item