Putra, Edwindhana Mareza (2018) Keefektifan achievement motivation training untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP Negeri / Edwindhana Mareza Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv RINGKASAN Putra Edwindhana Mareza. 2018. Keefektifan Achievement Motivation Training Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa SMPN. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A (II) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd. Kata kunci achievement motivation training motivasi berprestasi psikoedukasi. Prestasi dan keberhasilan pada fase remaja menjadi titik tolak kesuksesan individu selama hidupnya. Motivasi berprestasi merupakan salah satu faktor nonkognitif yang menjadi pondasi penting dalam pencapaian keberhasilan akademik siswa. Rendahnya tingkat motivasi berprestasi akan bermuara pada rendahnya kinerja akademik dan kegagalan akademik siswa. Achievement motivation training (AMT) sebagai psikoedukasi dipandang dapat meningkatkan motivasi berprestasi melalui strategi internalisasi pemikiran berprestasi dan berlatih perilaku berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan AMT untuk meningkatkan motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian interrupted time series yang dilakukan pada kelompok intak yang terdiri dari 8 subjek penelitian dengan latar belakang status sosial ekonomi menengah ke bawah. Pengukuran data dilakukan sebanyak 3 kali pada kondisi pre-test dan kondisi post-test yang diukur dengan 6 bentuk skala motivasi berprestasi (A B C D E F). Intervensi AMT terdiri dari dua strategi yaitu achievement thinking dan action strategies dilakukan dalam 12 sesi pertemuan. Analisis data penelitian diawali dengan pernyortiran terlebih dahulu skor konsisten pada kondisi pre-test dan post-test kemudian dilanjutkan analisis uji statistis wilcoxon sign rank test dan analisis grafik. Hasil uji statistik wilcoxon sign rank test diperoleh z hitung sebesar -2.375 dan nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0 018 0 05 bermakna terdapat perbedaan secara signifikan antara skor motivasi berprestasi sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Namun hasil analisis grafik individual ditemukan delapan subjek penelitian tidak mengalami perubahan yang sangat tajam dan AMT memberikan perubahan yang berbeda-beda pada masing-masing subjek penelitian. Hasil penelitian secara statistik telah terbukti AMT dapat meningkatkan motivasi berprestasi namun hasil analisis grafik individual tidak mengalami perubahan yang sangat tajam pada motivasi berprestasi. Diperlukan dua kondisi yaitu (1) aspirasi orang tua yang menekankan keberhasilan dan kinerja akademik yang baik selama bersekolah dan (2) tersedianya lingkungan yang memfasilitasi adanya perubahan subculture berupa kesadaran untuk berprestasi di sekolah agar motivasi berprestasi dapat meningkat secara tajam dan stabil terjaga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |