Pengembangan panduan pelatihan sikap toleran dengan dialog Socrates berbantuan media wayang untuk siswa SMP / Fajar Rosyidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan sikap toleran dengan dialog Socrates berbantuan media wayang untuk siswa SMP / Fajar Rosyidi

Rosyidi, Fajar (2018) Pengembangan panduan pelatihan sikap toleran dengan dialog Socrates berbantuan media wayang untuk siswa SMP / Fajar Rosyidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosyidi Fajar. 2018. PengembanganPanduanPelatihanSikapToleransidengan Dialog Socrates Berbantuan Media WayangKulitUntukSiswa SMP.Tesis Program StudiBimbingandanKonseling Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Dr. Dany M. Handarini M.A. (II) Dr. Henny Indreswari M.Pd. Kata Kunci panduanpelatihan sikaptoleransi dialog Socrates wayangkulit. Penelitianpengembanganpanduanpelatihansikaptoleransidengan dialog Socrates berbantuan media wayangkulituntuksiswa SMP dilatarbelakangiolehmaraknyakasustindakankekerasan yang dilakukansiswa. Perilakukekerasandisebabkankarenarendahnyasikaptoleransi siswacenderungtakpedulidenganlingkungansekitar sehinggamengakibatkantimbulnyakonflik-konflik. Dalammengatasidampakrendahnyasikaptoleransisiswa makadiperlukanbantuankonselormelaluipendekatanbimbingansecaratepatdanterpadu. Salah satu yang dilakukanyaitumelaluipengembangan media untukmenunjangbimbinganberupapanduanpelatihansikaptoleransidengan dialog Socrates berbantuan media wayangkulit.Panduanpelatihansikaptoleransidengan dialog Socrates berbantuan media wayangkulit merupakanpengembangan media bimbinganberbentuk dialog Socrates yang menggunakan media bantuberupa video wayangkulitgunauntukmemberikan stimulant. Tujuan dari penelitianpengembanganiniadalah membuatprodukberupapanduanpelatihansikaptoleransidengan dialog Socrates berbantuan media wayangkulitsebagai media yang praktisbagikonseloruntukmelaksanakankegiatanbimbingan. Penggunaan media inidiharapkandapatmeningkatkankesadaranmenyelesaikankonfliksecarakonstruktifmelalui dialog Socrates berbantuan media wayangkulit. Penelitianinimenggunakan model Borg and Gall (1983). Prosedurpengembangan yang dilakukandalam penelitian ini hanya sampai tahap uji ahli produk. Tahapan penelitian pengembangan sebagaiberikut 1) StudiPendahuluan 2) perencanaan 3) pengembanganprodukawal 4) ujicobaproduk 5) perbaikanproduk dan 6) produkakhir. Data yang didapatkanpadapenelitianinimenggunakaninstrumenpenilaianahliwayang ahli media ahlibimbingandankonselingdancalonpengguna. Hasilpengembangan yang telahdihasilkanyaitubukupanduanpelatihansikaptoleransidan media wayangkulit yang dikemasdalambentuk DVD. Bukupanduaniniberisimengenaitahap-tahappelaksaanpelatihan. Setelahmelewatitahapujiahlidiperolehhasilbahwaprodukpanduanpelatihansikaptoleransidengan dialog Socratesberbantuan media wayangkulitlayakdigunakandanmemenuhiaspekkeberterimaanproduk.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankan agar pengembanganpanduanpelatihansikap tolerandengan dialog Socrates berbantuan media wayangkulituntuksiswa SMP sekolahmemfasilitasi agar dapatdijadikanreferensiuntukditerapkan di sekolah gunamemfasilitasisiswadenganlayananbimbingandankonseling yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56947

Actions (login required)

View Item View Item