Pengembangan panduan pelatihan kesadaran kontrol diri dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP / Adi Dewantoro

Dewantoro, Adi (2018) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran kontrol diri dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP / Adi Dewantoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adi Dewantoro. 2018. Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Kontrol Diri Dengan Dialog Socrates Berbantuan Media Wayang Kulit Untuk Siswa SMP. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dr. Dany M. Handarini, M.A. (II) Dr. Triyono, M.Pd Kata Kunci: panduan pelatihan, kesadaran kontrol diri, dialog socrates, wayang kulit. Penelitian dan pengembangan panduan pelatihan kesadaran kontrol diri dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit didasari oleh banyaknya kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah. Maraknya kasus-kasus kekerasan antar peserta didik merupakan salah satu indikator lemahnya kesadaran kontrol diri yang dimiliki oleh siswa. Kesadaran kontrol diri merupakan salah satu aspek pendidikan damai yang dapat dilatihkan kepada siswa. Melihat urgensinya penanganan kasus kekerasan di sekolah, diperlukan peran bimbingan konseling dalam mengembangkan layanan pribadi-sosial yang bersifat preventif-developmental. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan panduan pelatihan kesadaran kontrol diri dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP yang memenuhi unsur akseptabilitas. Pemilihan metode dialog Socrates dan media wayang kulit dipilih dalam pengembangan panduan pelatihan ini dengan alasan metode Socrates dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa melalui keaktifan berpendapat berkaitan dengan permasalahan yang diangkat. Sedangkan, penggunaan media wayang kulit digunakan sebagai stimulus penyampaian isu-isu/permasalahan berkaitan dengan kesadaran kontrol diri yang dikemas dalam cerita wayang kulit. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan suatu produk dari Borg & Gall (1983) yang di adopsi menjadi lima langkah pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa panduan pelatihan kesadaran kontrol diri dan media wayang kulit. Berdasarkan hasil analisis dari penilaian ahli dan calon pengguna didapatkan hasil bahwa tingkat relevansi pada masing-masing ahli menunjukan kategori tinggi, artinya produk panduan pelatihan kesadaran kontrol diri dinyatakan layak digunakan dan memenuhi unsur akseptabilitas sebuah produk yang terdiri dari aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kemenarikan. Melihat keterbatasan penelitian dan pengembangan ini, disarankan pada peneliti selanjutnya yang berminat melanjutkan penelitian ini untuk melakukan uji kelompok terbatas sebagai lanjutan dari serangkaian penelitian pengembangan atau bahkan melanjutkan pada penelitian eksperimen untuk mengetahui tingkat keefektifan produk yang telah dikembangkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56946

Actions (login required)

View Item View Item