Pengembangan panduan pelatihan kesadaran respek dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP / Vesti Dwi Cahyaningrum

Cahyaningrum, Vesti Dwi (2018) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran respek dengan dialog Socrates berbantuan media wayang kulit untuk siswa SMP / Vesti Dwi Cahyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningrum, Vesti Dwi. 2018. Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Respek dengan Dialog Socrates berbantuan Media Wayang Kulit untuk Siswa SMP. Tesis , Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dr. Dany M. Handarini, M.A.,(II) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes Kata Kunci : kesadaran respek, dialog socrates, siswa SMP Konflik merupakan masalah yang tidak dapat dihindari oleh semua orang, karena konflik bersifat inheren artinya konflik akan terus ada dan akan terjadi dimana saja. Saat ini banyak terjadi konflik yang berujung kekerasan, khususnya di lingkungan pendidikan dan terjadi rata-rata pada siswa SMP. Penyebab terjadinya konflik tersebut adalah karena individu satu dengan yang lain tidak dapat menghargai segala perbedaan yang ada. Mereka selalu menganggap dirinyalah yang paling benar dan orang lain selalu bersalah. Kurangnya kesadaran respek yang dimiliki oleh peserta didik inilah yang mengakibatkan konflik yang sampai berujung pada kekerasan. Dari berbagai wawancara yang telah dilakukan peneliti kepada beberapa konselor, menghasilkan data bahwa konselor selama ini lebih banyak melakukan program yang bersifat kuratif dari pada melakukan program yang bersifat preventif. Dari data yang telah didapatkan tersebut dan melihat urgensinya untuk memberikan layanan secara preventif, sehingga peneliti mengembangkan panduan pelatihan kesadaran respek dengan menggunakan dialog socrates berbantuan media wayang kulit. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan pelatihan kesadaan respek dengan dialog socrates berbantuan media wayang kulit untuk mencegah terjadinya konflik yang telah terjadi saat ini yang memenuhi kriteria keberterimaan yang baik dari aspek kegunaan, aspek kelayakan, dan aspek ketepatan. Metode penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi prosedur Borg and Gall (1983) yang dirangkum dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba produk. Tahap perencanaan meliputi asesmen kebutuhan dan studi literatur. Tahap pengembangan menghasilkan draft panduan pelatihan kesadaran respek. Tahap uji coba produk dilakukan pada 4 ahli yaitu ahli BK, ahli media, ahli wayang, dan calon pengguna untuk mengetahui akseptabilitas kesepakatan untuk menilai panduan yang telah dikembangkan. Alat evaluasi produk yang digunakan mengadopsi dari skala akseptabilitas oleh Handarini (2000). Panduan pelatihan kesadaran respek telah melalui penilaian akseptabilitas dari ahli BK, ahli media, ahli wayang, dan calon pengguna yang mencakup tiga aspek penilaian, yaitu aspek kegunaan, aspek kelayakan, dan aspek ketepatan. Hasil dari keempat uji ahli BK, ahli media, ahli wayang, dan calon pengguna produk tesebut, menunjukkan bahwa panduan pelatihan kesadaran respek memenuhi kriteria keberterimaan yaitu berguna, layak, dan tepat untuk diterapkan pada siswa..Berdasarkan hasil penilaian yang telah diberikan oleh ahli BK, ahli media, ahli wayang, dan calon penguna produk diketahui bahwa panduan pelatihan kesadaran respek yang dikembangkan oleh pengembang termasuk kategori ÔÇ£sangat baikÔÇØ. Sehingga panduan pelatihan yang dikembangkan dapat dijadikan media untuk mempermudah konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Panduan pelatihan kesadaran respek dapat digunakan oleh konselor sebagai panduan dalam melatihkan kesadaran respek kepada peserta didik. Kemudian untuk peneliti selanjutnya, pengembangan panduan pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan uji kelompok kecil dan dapat menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen untuk menguji efektivitas panduan pelatihan untuk meningkatkan kesadaran respek siswa untuk mencegah terjadinya konflik yang berujung pada kekerasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56945

Actions (login required)

View Item View Item