Yulianti, Dewi (2018) Pengembangan panduan pelatihan tanggung jawab belajar melalui konseling kelompok realitas bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang / Dewi Yulianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulianti Dewi. 2018. Pengembangan Panduan Pelatihan Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok Realitas bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muslihati S.Ag M.Pd. (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes Kata Kunci Panduan pelatihan tanggung jawab belajar konseling kelompok realitas Tanggung jawab tidak begitu saja muncul namun ditanamkan dan ditempa oleh lingkungan hingga membentuknya menjadi kebiasaan. Faktanya didalam maupun luar negeri tingkat tanggung jawab belajar siswa masih rendah terutama pada tingkat SMK. Untuk meningkatkan tanggung jawab belajar berbagai usaha telah dilakukan namun hasilnya tidak sesuai harapan.Tanggung jawab belajar menjadi masalah yang penting untuk diperhatikan oleh para pemangku kebijakan. Guru bimbingan dan konseling menjadi salah satu fungsi strategis yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan tanggung jawab belajar. Melalui konseling kelompok realitas dianggap mampu meningkatkan tanggung jawab belajar. Tujuan konseling kelompok realitas adalah menjadikan individu yang bertanggung jawab bertindak sesuai realitas dan tidak melanggar aturan atau norma yang berlaku. Panduan konseling kelompok realitas diharapkan dapat membantu guru bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang agar lebih terampil dan melatih kemampuan dalam melaksanakan layanan konseling kelompok realitas. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan sepuluh langkah pada penelitian. Sepuluh langkah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan dan kondisi yang ada menjadi (1) Studi pendahuluan (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) uji ahli (5) Revisi produk tahap. Adapun teknik analisis data uji ahli menggunakan Interater agreement Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian dan pedoman wawancara tidak berstruktur.sedangkan analisis data pengguna (guru BK) menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil uji menunjukkan bahwa produk telah layak digunakan oleh guru bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Saran pemanfaatan oleh guru bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang dapat menggunakan panduan pelatihan tanggung jawab belajar melalui konseling kelompok realitas untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa.Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan pengembangan lebih lanjut terkait dengan produk panduan yang telah dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |