Keefektifan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi body dysmorphic disorder pada siswa SMA / Mahmuddah Dewi Edmawati

Edmawati, Mahmuddah Dewi (2018) Keefektifan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi body dysmorphic disorder pada siswa SMA / Mahmuddah Dewi Edmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Edmawati Mahmuddah. Dewi. 2018. Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Body Dysmorphic Disorder pada Siswa SMA. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. IM Hambali M Pd. (II) Prof. Dr. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci konseling kelompok cognitive restructuring body dysmorphic disorder. Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang mengindikasikan adanya gejala body dysmorphic disorder pada siswa SMA. Body dysmorphic disorder adalah gejala ketidakpuasan terhadap tubuh kecemasan terhadap penampilan dan perhatian berlebihan terhadap bentuk dan ukuran tubuh. Body dysmorphic disorder jika tidak ditangani secara tepat akan menyebabkan individu merasa tidak percaya diri memiliki harga diri rendah menarik diri dari interaksi sosial dan mengganggu perkembangan kepribadian yang sehat. Body dysmorphic disorder disebabkan oleh adanya proses kognitif maladaptif dan irasional tentang keadaan fisik dan penampilan individu sehingga menyebabkan individu tidak menerima diri serta tidak puas dengan keadaan dirinya. Tujuan penelitian adalah untuk mereduksi body dysmorphic disorder siswa SMA melalui konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah quasi experimental design yaitu non equivalent control group design. Subjek penelitian ini sebanyak 16 siswa di SMA 10 Malang yang memiliki skor body dysmorphic disorder tinggi. Terdapat dua kelompok dalam penelitian ini yaitu 8 subjek sebagai kelompok eksperimen yang diberikan intervensi konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring sedangkan 8 subjek lainya sebagai kelompok kontrol diberikan intervensi konseling kelompok dengan teknik thought stopping. Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring efektif untuk mereduksi body dysmorphic disorder pada siswa SMAN 10 Malang konseling kelompok dengan teknik thought stopping efektif untuk mereduksi body dysmorphic disorder pada siswa SMAN 10 Malang dan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring lebih efektif dibandingkan teknik thought stopping untuk mereduksi body dysmorphic disorder pada siswa SMAN 10 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56943

Actions (login required)

View Item View Item