Keefektifan Konseling Realita dengan Expressive Writing untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa SMA / Theresia Karti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan Konseling Realita dengan Expressive Writing untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa SMA / Theresia Karti

Karti, Theresia (2018) Keefektifan Konseling Realita dengan Expressive Writing untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa SMA / Theresia Karti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karti Theresia. 2018. Keefektifan Konseling Realita dengan Expressive Writing untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa SMA. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes Kata Kunci konseling realita dengan expressive writing self-esteem Self-esteem adalah evaluasi diri seseorang terhadap keyakinan dan kemampuan dirinya untuk mendapatkan hasil yang optimal dan mencapai tujuan atau target yang telah ditetapkan dalam bidang akademik. Ciri self-esteem rendah adalah kecenderungan merasa stres sedih marah sulit menerima kegagalan dan kecewaan pesimis berpikir destruktif (merasa tidak dapat membantu diri sendiri). Siswa dengan self-esteem rendah membutuhkan bantuan untuk meningkatkan keberhargaan dirinya dan berperilaku efektif. Expressive Writing dengan konseling realita bertujuan untuk membantu siswa mengekspresikan dan merefleksikan pikiran serta perasaan untuk semakin memahami akan dirinya. Dengan demikian self-esteem akan meningkat. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi non equivalent control group design sehingga tidak semua sampel memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi subjek. Kelompok KREW sebagai kelompok eksperimen (n 12) mendapatkan intervensi Konseling Realita dengan Expressive Writing (KREW) sedangkan Kelompok KR sebagai kelompok kontrol (n 12) mendapatkan perlakuan konseling realita (KR). Melalui penelitian ini keefektifan KREW diukur dari selisih posttest dan pretest terhadap Kelompok KREW dan Kelompok KR. Indikasi perubahan self-esteem subjek penelitian sebelum dan sesudah dilakukan konseling diperoleh dengan uji Wilcoxon dan penentuan uji beda untuk menentukan efektivitas metode diperoleh dengan uji Mann Whitney U-Test (non parametric). H0 ditolak karena nilai signifikansi kelompok KREW sebesar 0 007 dan kelompok KR 0 02 (nilai signifikansi kurang dari 5%). Jadi metode KREW dan KR efektif dalam meningkatkan self-esteem. Hasil analisis uji beda skor posttest menggunakan Mann Whitney U-Test menunjukkan mean kelompok KREW sebesar 17 38 sedangkan kelompok KR sebesar 7 63. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling realita dengan expressive writing (KREW) lebih efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa SMA. Saran bagi konselor dapat memilih dan menerapkan KREW di sekolah karena KREW memiliki beberapa keunggulan yaitu data yang terjaring lengkap dan akurat konseli lebih terbuka dan jujur memberikan arah yang jelas pada proses konseling hasil tulisan menjadi tanda pengingat kemajuan yang telah dicapai oleh konseli dan representatif. Bagi peneliti selanjutnya KREW perlu ditindak-lanjuti dengan variasi populasi dan subjek yang berbeda karena dalam penelitian ini hanya untuk siswa SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56941

Actions (login required)

View Item View Item