Pengembangan instrumen tanggapan siswa secara online terhadap layanan bimbingan dan konseling / Setyo Pranoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tanggapan siswa secara online terhadap layanan bimbingan dan konseling / Setyo Pranoto

Pranoto, Setyo (2018) Pengembangan instrumen tanggapan siswa secara online terhadap layanan bimbingan dan konseling / Setyo Pranoto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pranoto Setyo. 2018. Pengembangan Instrumen Tanggapan Siswa Secara Online Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd. (II) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata kunci pengembangan tanggapan siswa layanan bimbingan dan konseling. Refleksi layanan bimbingan dan konseling didapat dari penerima layanan yaitu siswa. Untuk mempermudah mendapatkan data dan menjaga kerahasiaan identitas detail pemberi tanggapan maka diperlukan sarana online. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen skala tanggapan siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Prosedur pengembangan instrumen skala tanggapan siswa menggunakan prosedur pengembangan skala yang dikemukakan oleh Sumadi suryabrata dengan alur pengembangan meliputi (1) spesifikasi alat ukur (2) penulisan butir instrumen (3) penelaah butir instrumen (4) perakitan instrumen (5) uji coba terbatas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan sampel populasi sebanyak 40 siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 8 Malang. Instrumen tanggapan siswa ini menggunakan kisi-kisi berdasarkan empat komponen layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan dasar layanan responsif perencanaan individual dan dukungan sistem. Pengukuran skala tanggapan siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling menggunakan skala Linkert. Analisis reliabilitas instrumen menggunakan analisis cronbach sedangkan untuk menguji validitas instrumen menggunakan validitas logika dengan melalui keputusan ahli atau expert judgement. Tahap pertama sebanyak 37 butir item diujicobakan kepada 40 peserta didik dan dianalisis menggunakann analisis Alpha Cronbach diperoleh 29 butir yang valid dengan nilai muatan faktor(factor loading) 8805 0 3. Selanjutnya dilakukan analisis Alpha Cronbach yang kedua dengan 29 butir item valid dengan hasil muatan faktor 8805 0 3 yang memiliki reliabilitas sebesar 0 924. Uji validitas logika melalui keputusan ahli terhadap kisi-kisi instrumen dan butir-butir pernyataan dinyatakan layak dengan beberapa rervisi pernyataan. Berdasarkan hasil uji reliabilitas dan validitas maka diperoleh hasil penelitian yaitu instrumen skala tanggapan siswa secara online terhadap layanan bimbingan dan konseling. Bagi pengembang selanjutnya tampilan background instrumen tanggapan siswa secara online perlu diberikan gambar yang lebih menarik dan kata-kata yang dipakai lebih mudah dan nyaman di pahami siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56940

Actions (login required)

View Item View Item