Pengembangan panduan konseling berbasis petualangan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Peppy Sisca Dwi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling berbasis petualangan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Peppy Sisca Dwi Wulandari

Wulansari, Peppy Sisca Dwi (2018) Pengembangan panduan konseling berbasis petualangan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Peppy Sisca Dwi Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulansari P. S. D. 2018. Pengembangan Panduan Konseling Berbasis Petualangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar.Tesis.Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci konseling berbasis petualangan keterampilan sosial Keterampilan sosial sangat penting bagi individu karena dengan memiliki keterampilan sosial tinggi maka individu akan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan diterima oleh lingkungan dan kelompok sosialnya dan sukses dalam belajarnya. Anak-anak yang memiliki keterampilan sosial rendah mereka akan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan akibatnya mereka akan ditolak oleh lingkungan dan kelompok sosialnya. Tujuan penelitian ini mengembangkan panduan konseling berbasis petualangan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SD. Penelitian dan pengembangan panduan ini menggunakan model Borg Gall yang disederhanakan oleh Sukmadinata (2012) menjadi tiga tahapan yang meliputi (1) Studi Pendahuluan (2) Tahap pengembangan produk (3) Tahap uji produk.Uji ahli dilakukan oleh dua orang ahli Bimbingan dan Konseling uji pengguna dilakuan oleh satu konselor dan uji lapangan terbatas dilakukan pada 6 subjek sasaran.Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa panduan konseling berbasis petualangan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SD. Panduan ini digunakan sebagai media dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa.Sehingga siswa dapat memiliki keterampilan sosial yang tinggi. Hasil penilaian uji ahli materi diperoleh nilai sebesar 0 93 yang menunjukkan validitas yang baik atau layak untuk digunakan. Hasil penilaian uji pengguna (konselor) diperoleh rata-rata 3 47 dengan demikian panduan konseling berbasis petualangan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SD sangat berguna sangat tepat sangat praktis sangat menarik untuk digunakan.Berdasarkan hasil analisa data menggunakan uji bedaWilcoxon Signed Ranks Test adalah 0 027. Signifikansi ini lebih kecil dari 0 05. Berdasarkan kriteria yang telah disebutkan di atas maka H0 ditolah sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan untuk 1) konselor hendaknya menggunakan konseling berbasis petualangan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SD 2) peneliti selanjutnya memilih aspek kepribadian lain dari siswa untuk diintervensi menggunakan konseling berbasis petualangan menggunakan rancangan penelitian true experiment dengan melibatkan subjek yang luas dan menggunakan teknik bimbingan kelompok supaya hasilnya dapat digeneralisasikan dan dapat diterapkan oleh guru Sekolah Dasar melalui pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56937

Actions (login required)

View Item View Item