Keefektifan restrukturisasi kognitif bermuatan nilai-nilai petuah Banjar untuk meningkatkan keterlibatan kognitif siswa madrasah aliyah / Annisa Yusriena Azmi

Azmi, Annisa Yusriena (2018) Keefektifan restrukturisasi kognitif bermuatan nilai-nilai petuah Banjar untuk meningkatkan keterlibatan kognitif siswa madrasah aliyah / Annisa Yusriena Azmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azmi, Annisa Yusriena. 2018. Keefektifan restrukturisasi kognitif bermuata nilainilai petuah banjar untuk meningkatkan keterlibatan kognitif siswa Madrasah Aliyah. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes. (2) Dr. IM. Hambali, M.Pd. Kata Kunci: Keterlibatan Kognitif, Restrukturisasi kognitif, Nilai-nilai Petuah Banjar Keterlibatan kognitif dapat meningkat jika setiap siswa mengetahui serta memahami sebuah hal yang berkaitan dengan keterlibatan kognitif dirinya, seperti self regulation, relevansi masa depan,makna serta tujuan belajar dan strategi belajar yang dimiliki siswa. Pemahaman dan pengetahuan pada setiap siswa memiliki perbedaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Adapun fenomena yang terjadi pada setiap siswa adalah kurangnya kesadaran mengatur diri dalam keterlibatan kognitif yang dimiliki pada setiap siswa. Keterlibatan kognitif merupakan suatu kemampuan pemahaman tentang perkembangan kognitif pada diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah Pretest dan posttest Control Group Design untuk mengetahui perbedaan sebagai keefektifan antara treatmen yang digunakan, yaitu teknik restrukturisasi kognitif dan teknik restrukturisasi kognitif bermuatan nilai-nilai petuah Banjar untuk meningkatkan keterlibatan kognitif siswa. Subjek yang diambil dalam penelitian ini dari kelas X MIA 3 dan X IIK 3 yang berjumlah 12 orang yang memiliki tingkatan keterlibatan kognitif sedang dan rendah. Pada 12 siswa tersebut dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu 6 siswa pada kelompok eksperimen mendapatkan intervensi teknik restrukturisasi kognitif bermuatan nilai-nilai petuah Banjar dan 6 siswa pada kelompok kontrol yang mendapatkan intervensi teknik restrukturisasi kognitif. Analisis data menggunakan Wilcoxon sign Rank Test untuk mengetahui tingkat keterlibatan kognitif siswa pada setiap kelompok eksperimen dan uji Mann-Whitney U Test untuk melihat apakah terdapat perbedaan keefektifan diantara kedua intervensi yang digunakan dalam penelitian ini.Pada hasil analisis menunjukkan dalam setiap strategi yang digunakan mendapatkan perbedaan yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara keefektifan dalam pemberian intervensi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap peningkatan keterlibatan kognitif siswa. Saran untuk guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan intervensi yang digunakan oleh peneliti untuk membantu siswa dalam meningkatkan keterlibatan kognitif siswa. Maka konselor dapat menggunakan intervensi yang digunakan peneliti dengan mempelajari panduan eksperimen restrukturisasi kognitif bermuatan nilai-nilai petuah Banjar untuk meningkatkan keterlibatan kognitif. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan produk dengan mengkaji lebih dalam nilai-nilai petuah Banjar dan mengembangkan teknik restrukturisasi kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56936

Actions (login required)

View Item View Item