Azizah, Faricha (2018) Keefektifan teknik desensitisasi sistematis untuk mereduksi nomophobia pada siswa SMAN 1 Tulungagung / Faricha Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Azizah Faricha. 2018. Keefektifan Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mereduksi Nomophobia Pada Siswa SMAN 1 Tulungagung. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. IM Hambali M.Pd. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Kata Kunci Nomophobia Desensitisasi Sistematis Perkembangan teknologi komunikasi saat ini selain memberikan dampak positif juga memberikan dampak negatif. Dampak positifnya adalah individu dapat memperoleh informasi apapun tanpa harus berkeliling untuk mengetahuinya dan berkomunikasi dengan saudara ataupun kerabat menjadi lebih mudah. Namun dampak negatifnya ini banyak yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Saat individu khususnya remaja sudah mengenal smartphone remaja akan melupakan kondisi disekitar mereka. Saat individu lebih mengutamakan gadget atau smartphonenya dan mengabaikan lingkungan sosial di sekitarnya akan membuat kecanduan akan hal tersebut. Fenomena ini disebut dengan Nomophobia. Nomophobia adalah sebuah penyimpangan psikis yang dipengaruhi oleh ketergantungan seseorang terhadap gadget. Untuk membantu mengatasi permasalahan berkaitan dengan nomophobia diperlukan pendekatan yang dapat digunakan untuk mereduksi nomophobia yang terjadi saat ini. Untuk memperbaiki perilaku manusia yang mengalami penyimpangan dapat menggunakan terapi tingkah laku (Behavior) yaitu teknik desensitisasi sitematis. Teknik desensitisasi sistematis merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengurangi kecemasan dengan menggunakan stimulus yang membuat cemas dipasangkan dengan stimulus yang membuat keadaan menjadi santai. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik desensitisasi sistematis untuk mereduksi nomophobia siswa SMA. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung yang memiliki tingkat nomophobia tinggi. Metode Penelitian dan Pengembangan menggunakan Model rancangan subjek tunggal (Singel-Subject Design) A-B-A dan didukung dengan pengamatan berulang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan perlakuan yang berupa buku panduan pelaksanaan dan instrumen pengumpulan data yang berupa Inventory Nomophobia Pedoman Observasi Pedoman wawancara serta lembar refleksi. Hasil penelitian ini adalah teknik desensitisasi sistematis efektif untuk mereduksi nomophobia yang dialami oleh siswa SMA. Hal ini dapat dilihat dari hasil pemberian intervensi yang dilakukan kepada tiga siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Dari hasil tersebut terlihat bahwa garis trend dan garis kecenderungan stabilitas menurun artinya ada perubahan yaitu terdapat penurunan skor nomophobia kepada tiga konseli yang menjadi subjek penelitian. Sementara data tumpang tindih antara fase baseline (A) dengan fase baseline (A ) menunjukkan presentasi 0% artinya intervensi yang diberikan kepada konseli yang menjadi subjek tersebut efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |