Pengaruh Strategi Restrukturisasi Kognitif terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang / Ardian Renata Manuardi

Manuardi, Ardian Renata (2018) Pengaruh Strategi Restrukturisasi Kognitif terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang / Ardian Renata Manuardi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Manuardi, Ardian, Renata. 2018. Pengaruh Strategi Restrukturisasi Kognitif terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed. (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd. Kata kunci: restrukturisasi kognitif, efikasi diri, performansi akademik. Penelitian ini berdasar pada fenomena terhadap mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik baik namun cenderung memiliki konsep berfikir negatif yang dapat menurunkan efikasi diri dalam proses akademiknya di Universitas. Oleh karena itu strategi restrukturisasi kognitif dipilih dalam proses konseling individu sebagai strategi yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan kognitif maupun psikologis pada mahasiswa psikologi di Universitas Negeri Malang sebagai tempat berlangsungnya penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pra eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 6 mahasiswa sebagai target eksperimen. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan skala efikasi diri performansi akademik yang telah melalui telaÔÇÖah dari ahli yang memiliki wewenang dalam pengujian instrument dengan katagori indeks 0,74 atau dalam klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon sebesar -2.201 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa konseling dengan strategi restrukturisasi kognitif memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan efikasi diri performansi akademik mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Saran penelitian: 1) Konselor universitas. Menggunakan strategi restruktrisasi kognitif dalam meningkatkan efikasi diri performansi akademik mahasiswa. 2) Peneliti selanjutnya. Menggunakan eksperimen muri dengan jumlah subjek yang beragam dan relatif besar seperti menggunakan mahasiswa Psikologi dari berbagai Universitas di Malang Raya. 3) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang. Perlu adanya informasi-informasi baik melalui seminar maupun pelatihan tentang bagaimana seseorang dapat memiliki konsep berfikir yang positif, baik melalui konseling, pelatihan, maupun dalam proses belajar-mengajar terutama bagi mahasiswa tingkat akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56934

Actions (login required)

View Item View Item