Pengembangan media Jurier (Jurnal Karir) untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan pilihan peminatan bagi siswa MTs / Pepi Nuroniah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Jurier (Jurnal Karir) untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan pilihan peminatan bagi siswa MTs / Pepi Nuroniah

Nuroniah, Pepi (2018) Pengembangan media Jurier (Jurnal Karir) untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan pilihan peminatan bagi siswa MTs / Pepi Nuroniah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuroniah Pepi. 2018. Pengembangan Media Jurier (JurnalKarier) UntukMeningkatkanKemampuanPengambilanKeputusanPilihanPeminatanBagiSiswaMTs.Tesis Program Studi S2 BimbingandanKonseling Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M.A (2) Dr. Triyono M.Pd Kata Kunci Siswa MTs Media Jurier PengambilanKeputusanPeminatan Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah) adalahremajapadatahapaneksplorasikarier yang mulaimelatihkeputusanpeminatan yang berkaitandengankariernya di masadepan. Merekadilatihuntukmengambilkeputusanpeminatansesuaiminat keterampilandankemampuanakademik yang dimilikiberdasarkankonstrukdirinyasendiri.Bimbingankariermerupakanlayanan yang diberikanoleh guru BK untukmengoptimalkanpotensisiswakhususnyapemilihanpeminatan.Hasilwawancaradengan guru BK didapatkanfaktabahwapelaksanaanbimbingankarierbelummenggunakan media.Berdasarkanangketkebutuhan yang diberikanpadasiswadidapatkanfaktabahwadibutuhkan media bimbingankarier.Penelitian inibertujuanmengembangkan media Jurier (JurnalKarier) sebagai media bimbingankarierdalammengembangkankemampuanpengambilankeputusanpeminatansiswaMTs. Penelitianpengembanganinimenggunakan model pengembangaBorg Gall (1983) yang memiliki 10 tahapannamunpenelitiandanpengembanganinihanyasampaipadatahap 5 yaitu(1) penelitiandanpengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk (4) ujicobalapanganawal (5) merivisihasilujicoba. Subjekujicobadalampenelitianiniyaituahliahlibimbingandankonseling ahli media danpenggunayaitu guru BK dansiswakelas 8 MTsN 1 Kota Malang.Data penelitianberupahasilvalidasiahlibimbingandankonseling ahli media dan data hasilujicobapengguna.Data yang diperolehberupa data kualitatifdankuantitatif dianalisismenggunakanteknikanalisis data kualitatifdankuantitatif. Data yang didapatkandigunakanuntukmengetahuitingkatvaliditasatausyaratakseptibilitasyaituketepatan kegunaan kepraktisandankemenarikan media Jurier Hasilpengembanganprodukberupa media Jurier yang diberinamaJurierkuuntuksiswadanbukupanduannyauntuk guru BK. Penilaianahli BK 98.7% kategorisangatlayak ahli media 94.5% kategorisangatlayak pengguna guru BK 93.2% kategorisangatlayakdansiswa 86.6% kategorisangatlayak. Hasildariaspekketepatanmemperolehhasil yang sangattepatyaitu 93.3%.Hasildariaspekkegunaanmemperolehhasil yang sangatbergunayaitu 95.1%.Hasildariaspekkepraktisanmemperolehhasil yang sangatpraktisyaitu 91.6%.Hasildariaspekkemenarikanmemerolehhasilsangatmenarikyaitu 93.0%.Bukupanduanmemperolehhasilsangatlayakdariahli BK dengannilai 95.7% ahli media 97.5% danujipengguna guru BK 89%. Revisiprodukdilakukanberdasarkan saran dankomentardari validator danpenggunagunamenyempurnakanproduk media Jurier.Secarakeseluruhan media Juriersangatlayakdanditerimauntukdigunakandalampengembangankemampuanpengambilankeputusanpeminatansiswa Mts.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56930

Actions (login required)

View Item View Item