Keefektifan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training untuk meningkatkan interpersonal skills siswa SMP / Citra Tectona Suryawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training untuk meningkatkan interpersonal skills siswa SMP / Citra Tectona Suryawati

Suryawati, Citra Tectona (2018) Keefektifan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training untuk meningkatkan interpersonal skills siswa SMP / Citra Tectona Suryawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suryawati Citra Tectona. 2018. Keefektifan Layanan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Interpersonal Skills Siswa SMP. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. IM. Hambali M.Pd. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd Kata kunci interpersonal skills konseling kelompok teknik assertive training Keterampilan interpersonal atau interpersonal skills merupakan kemampuan individu dalam berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya termasuk dengan teman-teman sebaya. Individu yang memiliki keterampilan interpersonal yang baik akan mudah bahagia dan mencapai tugas-tugas perkembangan terutama dalam aspek sosial. Untuk meningkatkan keterampilan interpersonal menggunakan intervensi konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive trainng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah assertive training yang dikemas kedalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan keterampilan interpersonal. Rancangan penelitian ini yaitu pre-eksperimental dengan bentuk rancangan one group pretest posttest. Subjek penelitian ini sebanyak tujuh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartoharjo Kabupaten Magetan. Penentuan subjek penelitian menggunakan tes keterampilan interpersonal dengan menggunakan analisis validitas biserial yaitu jika skor t-hitung t-tabel maka butir item dikatakan valid. Reliabilitas menggunakan alpha cronbach dengan nilai sebesar 0 751 yang berarti instrument dapat memberikan hasil pengukuran yang dapat dipercaya dan layak digunakan sebagai alat pengumpulan data. Nilai mean pretest yaitu sebesar 5 42 dan mean posttest sebesar 13 57 yang berarti ada perbedaan antara hasil rata-rata pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test. Hasil analisis data menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0.014 0.05 maka Ho ditolak. Artinya konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran kepada guru BK hendaknya guru BK atau konselor sekolah memiliki kemauan untuk mengembangkan diri dan belajar untuk menerapkan teknik tersebut sebagai wujud bantuan bagi siswa yang memiliki permasalahan berkenaan dengan keterampilan interpersonal. Kepada peneliti selanjutnya hendaknya dapat menerapkan kembali pada subjek dijenjang yang lain. Hendaknya menggunakan desain penelitian yang berbeda dan lebh mendalam serta variatif serta menggunakan subjek penelitian yang lebih luas agar dapat melihat perubahan secara menyeluruh serta dapat berguna bagi lebih banyak individu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56925

Actions (login required)

View Item View Item