Pengembangan buku pop-up karier untuk kesadaran karier siswa sekolah dasar / Elia Firda Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku pop-up karier untuk kesadaran karier siswa sekolah dasar / Elia Firda Mufidah

Mufidah, Elia Firda (2018) Pengembangan buku pop-up karier untuk kesadaran karier siswa sekolah dasar / Elia Firda Mufidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mufidah Elia Firda. 2018. Pengembangan Buku Pop-Up Karier untuk Kesadaran Karier Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci Buku Pop-Up Kesadaran Karier Karier yang berkembang seumur hidup memberikan catatan untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh dalam setiap tahapannnya tidak terkecuali pada tahap kesadaran karier siswa Sekolah Dasar. Kesadaran karier menjadi hal yang bisa dipelajari atau dilatihkan sehingga perlu adanya layanan karier untuk memaksimalkannya. Di Sekolah Dasar terdapat konselor kunjung dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling. Media bimbingan dan konseling di ranah Sekolah Dasar masih minim pengembangannya. Begitupun pemberian layanan bimbingan dan konseling yang masih menyesuaikan dengan peraturan untuk implementasinya. Penggunaan media akan menjadi daya tarik tersendiri untuk siswa. Hal tersebut mengingat posisi siswa Sekolah Dasar masih dalam ranah kanak-kanak akhir sehingga dalam pemberian layanan membutuhkan media untuk menarik perhatian siswa sekolah dasar. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menghasilkan buku pop-up sebagai media sekaligus sumber informasi kesadaran karier untuk siswa Sekolah Dasar yang dikembangkan memenuhi kriteria kegunaan kelayakan ketepatan dan kemenarikan berdasarkan penilaian ahli materi media dan pengguna. Metode penelitian dan pengembangan digunakan peneliti dalam pengembangan ini diadaptasi dari langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (2003) penerapannya disesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Dari beberapa langkah pengembangan Borg and Gall peneliti membaginya menjadi 3 tahapan secara umum (Sukmadinata 2012) yakni (1) Studi Pendahuluan (2) Tahap pengembangan media (3) Tahap uji media. Data yang diperoleh dari uji media dianalisis menggunakan inter-rater agreement. Hasil uji ahli maupun lapangan terbatas menunjukkan produk BUKARIER telah memenuhi kriteria ketepatan kegunaan kemenarikan dan kepraktisan untuk digunakan sebagai media bimbingan karier siswa. Diharapkan BUKARIER bisa digunakan untuk membantu konselor dalam memberikan layanan bimbingan karier. Selain itu BUKARIER perlu dilakukan uji efektivitas di lapangan yang lebih luas dengan menggunakan metode eksperimen untuk melihat efektivitas dari BUKARIER

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56924

Actions (login required)

View Item View Item