Keefektifan logo analisis untuk pemenuhan makna hidup siswa Madrasah Tsanawiyah Kediri / Ebtaniz Zul Widyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan logo analisis untuk pemenuhan makna hidup siswa Madrasah Tsanawiyah Kediri / Ebtaniz Zul Widyaningtyas

Widyaningtyas, Ebtaniz Zul (2018) Keefektifan logo analisis untuk pemenuhan makna hidup siswa Madrasah Tsanawiyah Kediri / Ebtaniz Zul Widyaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zulwidyaningtyas Ebtaniz. 2018. Keefektifan Logoanalisis untuk Pemenuhan Makna Hidup Siswa Madrasah Tsanawiyah Kediri. Program studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd (2) Prof. Dr. H. Andi Mappiare A T M.Pd Kata kunci logoanalisis makna hidup konseling kelompok Makna hidup merupakanperasaan yang disadari olehindividuyang mampu memenuhi nilai-nilai yang tumbuh mengikuti tugas perkembangan sebagai pedoman hidup untuk mencapai tujuan hidup dan memperoleh kebahagiaan. Permasalahanmakna hidup yang rendahdapat menimbulkan gejala perasaan hampa dan bosan. Pemenuhanmakna hidup yang rendah dapat mengganggu proses tugas perkembangan diri siswa yang sedang dalam masa transisi.Permasalahan ini dipandang sebagai salah satu masalah serius yang perlu untuk segera diselesaikan. Intervensi yang digunakan untuk pemenuhanmakna hidup ialah logoanalisis.Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui keefektifanlogoanalisis untuk pemenuhanmakna hidupsiswa madrasah tsanawiyah. Penelitian eksperimen ini menggunakankuasi eksperimen. Desain menggunakantes sebelum dan tes sesudah intervensi dengan kelompokkontrol yang dipilih sesuai kondisi penelitian. Subjek penelitian sebanyak 16 siswa dari kelas X program religi di MTs Negeri 2 Kota Kediri 8siswa kelompok eskperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Pelaksanaan intervensi pada kelompok eksperimen diberikanlogoanalisis sedangkan kelompok kontrol diberikan logoterapiyang dilakukan dalam konseling kelompok sebanyak depalan kali pertemuan. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan melalui analisis non parametrik dengan uji Mann Whitney U. Hasil yangdiperoleh dari pengujian hipotesis yaitu nilai statistik uji Z sebesar -2 787 dengan skor Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0 005. Probabilitas dari nilai sig.(2-tailed) sebesar 0 005 945 0 05 yang dapat diartikan bahwa H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada makna hidup siswa setelah diberikan intervensi teknik logoanalisisdibandingkan dengan siswa yang tidak mendapatkan intervensi logoanalisis dalam konseling kelompok. Berdasarkan hasil dapat didefinisikan bahwa terdapat efektivitas logoanalisis untuk pemenuhan makna hidup siswa Madrasah Tsanawiyah Kediri. Saran bagi konselor hendaknya melaksanakanlogoanalisis setiap tahapan dan langkah-langkahdengan cermat sehingga dapat diperoleh hasil analisis yang maksimal sebagai usaha preventif dankuratif pada siswa yang menunjukkan gejalamakna hidup rendah. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan sebagai bahan referensi bagi penelitiannya dan menerapkanpenelitian kepada subjek penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56923

Actions (login required)

View Item View Item