Keefektifan penggunaan teknik guided imagery untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA / Farid Imam Kholidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan teknik guided imagery untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA / Farid Imam Kholidin

Kholidin, Farid Imam (2018) Keefektifan penggunaan teknik guided imagery untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA / Farid Imam Kholidin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kholidin Farid. Imam. 2018. Keefektifan Penggunaan Teknik Guided Imagery untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. IM. Hambali M.Pd. (II) Prof. Dr. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci kepercayaan diri teknik guided imagery single subject design Kepercayaan diri merupakan permasalahan yang biasa dialami oleh siswa sekolah menengah atas. Kepercayaan diri merupakan manifestasi dari pikiran siswa pikiran tersebut mempegaruhi perasaannya dan terwujud ke dalam bentuk perilaku. Kepercayaan diri akan terbentuk dari pikiran rasional atau pikiran irasional. Untuk meningkatkan kepercayaan diri menggunakan intervensi konseling rational emotive behavior. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik guided imagery dalam bingkai konseling rational emotive behavior efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Rancangan penelitian ini menerapkan single subject design. Bentuk rancangan yang dipilih adalah Baseline (A) Intervensi (B) A (Follow Up). Subjek penelitian sebanyak empat (4) siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Kota Malang. Penentuan subjek penelitian menggunakan skala kepercayaan diri dan nilai validitas setiap itemnya memiliki nilai inter item corelation di atas 0 5 nilai KMO MSA sebesar 0 761 dan reliabilitas dengan nilai alpa cronbach sebesar 0 9 dan melakukan wawancara kepada guru Bimbingan dan Konseling. Analisis data menggunakan analisis data visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapatnya data tumpang tindih dengan besaran 0% serta garis trend pada gafik visual kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan ketika digunakan teknik guided imagery dalam bingkai konseling rational emotive behavior. Teknik ini berfokus untuk mengubah pikiran irasional menjadi pikiran rasional mengelola emotif dan tingkah laku siswa. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan ada beberapa saran yang bisa diberikan kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya mempraktikkan teknik guided imagery untuk menangangi permasalahan kepercayaan diri siswa kepada pihak sekolah sebaiknya mendukung guru bimbingan dan konseling untuk mempratikkan teknik guided imagery untuk menangani permasalahan kepercayaan diri siswa. kepada peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan teknik guided imagery dengan rancangan yang berbeda seperti menggunakan rancangan A B A B ataupun menggunakan rancangan multiple baseline.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56920

Actions (login required)

View Item View Item