Keefektifan Penggunaan Teknik Self Instruction untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa SMK, Kota Kediri / Epin Candra Buana

Buana, Epin Candra (2018) Keefektifan Penggunaan Teknik Self Instruction untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa SMK, Kota Kediri / Epin Candra Buana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Buana, Epin Candra. 2018. Keefektifan Penggunaan Teknik Self Instruction untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa SMK. Program studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed, (2) Dr. M. Ramli, M.A. Kata kunci: Self Instruction, Penerimaan Diri, Konseling Kelompok Penerimaan diri merupakan aspek yang dimilikiindividuuntukmampu menerima keseluruhan kondisi dirinya secara utuh dan apa adanya. Fenomena penerimaan diri masa kini terjadi pada siswa SMK yaitu kurang mampu dalam menerima kenyataan pada kondisi diri yang menimbulkan perasaan minder, berbohong kondisi diri kepada teman-temannya demi pengakuan sosial diri. Tingkat penerimaan diri yang rendah dapat mengganggu proses tugas perkembangan diri siswa.Permasalahan ini dipandang sebagai salah satu masalah yang serius yang perlu untuk segera diselesaikan. Teknik yang digunakan untuk meningkatkan penerimaan diri adalah teknik self instruction.Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik self instruction untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas X di SMK PGRI 3 Kota Kediri. Teknik self instruction digunakan dalam penelitian ini didasarkan dari proses verbalisasi yang dapat merubah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan sebelum dan sesudah intervensi dengan kelompok kontrol desain. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa di SMK PGRI 3 Kota Kediri, 10 siswa kelompok eskperimen dan 10 siswa kelompok kontrol. Kelompok kontrol diberikan konseling konvensional. Pelaksanaan intervensi self instruction dalam konseling kelompok sebanyak 8 kali pertemuan. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan melalui analisis non parametrik dengan uji two independent sample test Mann Whitney Ukarena data berpasangan. Hasil yangdiperoleh nilai statistik uji Z sebesar -3,785 dengan probabilitas sebesar 0,000. Probabilitas dari nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000< &#945; 0,05 yang dapat diartikan bahwa H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada penerimaan diri siswa setelah diberikan intervensi teknik self instructiondibandingkan dengan siswa yang tidak mendapatkan teknik self instruction dalam konseling kelompok. Berdasarkan hasil dapat didefinisikan bahwa terdapat efektivitas pada penerimaan diri siswa menggunakan teknik self instruction dalam konseling kelompok.Saran bagi konselor hendaknya memanfaatkan penggunaan teknik self instruction sebagai usaha preventif dan kuratif pada siswa yang memiliki penerimaan diri rendah. Saran bagi peneliti selanjutnya, hendaknya lebih menindaklanjuti teknik self instruction untuk menerapkan penelitian ini kepada subjek penelitian yang lebih luas dan besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56918

Actions (login required)

View Item View Item