Pengembangan siber konseling realita berbasis android untuk meningkatkan kejujuran akademik siswa SMA / Abi Fa'izzarahman Prabawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan siber konseling realita berbasis android untuk meningkatkan kejujuran akademik siswa SMA / Abi Fa'izzarahman Prabawa

Prabawa, Abi Fa'izzarahman (2017) Pengembangan siber konseling realita berbasis android untuk meningkatkan kejujuran akademik siswa SMA / Abi Fa'izzarahman Prabawa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabawa Abi Fa izzarahman. 2017. Pengembangan Siber Konseling Realita Berbasis Android untuk Meningkatkan Kejujuran Akademik Siswa SMA. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Hidayah M. Pd. (II) Dr. IM Hambali M. Pd. Kata Kunci siber konseling realita android kejujuran akademik Kejujuran akademik menjadi komponen penting dalam pendidikan. Faktanya di dalam maupun luar negeri tingkat kejujuran akademik siswa masih rendah terutama pada tingkat SMA. Berbagai macam usaha untuk meningkatkan kejujuran akademik siswa telah dilakukan namun hasilnya masih jauh dari ekspektasi. Kejujuran akademik menjadi tanggungjawab bersama para pemangku kebijakan. Konselor menjadi salah satu fungsi strategis yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kejujuran akademik. Layanan konseling realita dipandang mampu meningkatkan kejujuran akademik. Tujuan konseling realita adalah menjadikan individu yang bertanggungjawab bertindak sesuai realita dan tidak melanggar aturan/norma yang berlaku. Konseling biasanya dilakukan secara tatap muka face to face namun seiring perkembangan zaman konseling dapat dilakukan secara maya cybercounseling. Cybercounseling adalah konseling yang diberikan melalui media online namun tetap mengakomodir konseling pada umumnya. Cybercounseling dengan videoconference merupakan media yang paling dapat mengakomodir komponen-komponen konseling pada umumnya. Pada saat ini videoconference telah hadir dalam sistem operasi android. Android merupakan sistem operasi yang terbanyak digunakan dalam smartphone. Oleh karena itu tujuan penelitian dan pengembangan adalah mengembangkan software cybercounseling realita berbasis android untuk meningkatkan kejujuran akademik siswa SMA. Metode Penelitian dan Pengembangan menggunakan model Borg and Gall dengan sepuluh langkah pada penelitian. Sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall (1983) dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan kendala yang ada menjadi (1) Studi Pendahuluan (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Uji Ahli (5) Revisi produk tahap I (6) Uji kelompok kecil (7) Revisi produk tahap II (8) Uji lapangan (9) Penyempurnaan Produk Akhir (10) Diseminasi dan Implementasi. Adapun uji efektivitas menggunakan desain eksperimen Single Subject Design (SSD). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kejujuran akademik pedoman wawancara kuesioner dan observasi. Hasil uji menunjukkan bahwa produk telah layak digunakan dan efektif digunakan untuk meningkatkan kejujuran akademik siswa. Saran pemanfaatan digunakan pada jaringan 4G/wifi yang kuat minimal 200 Mb paket data dijalankan pada sistem operasi android dan memperhatikan kode etik konseling. Bagi pengembang selanjutnya software dapat dikembangkan menjadi software yang standalone (berdiri sendiri tanpa bergantung pada aplikasi pendukung lainnya) ditambahkan alat perekam audio-visual pada menu konseling dan ditambahkan kapabilitas software agar bisa terintegrasi di PC/laptop.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56906

Actions (login required)

View Item View Item