Internalisasi mind skills mahasiswa BK dalam praktik keterampilan dasar komunikasi melalui strategi supervisi terbimbing / Eni Rindi Antika

Antika, Eni Rindi (2017) Internalisasi mind skills mahasiswa BK dalam praktik keterampilan dasar komunikasi melalui strategi supervisi terbimbing / Eni Rindi Antika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antika, Eni Rindi. 2017. Internalisasi Mind Skills Mahasiswa BK dalam Praktik Keterampilan Dasar Komunikasi melalui Strategi Supervisi Terbimbing. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Hidayah, M. Pd. (II) Dr. IM Hambali, M. Pd. Kata Kunci: mind skills, keterampilan dasar komunikasi, supervisi terbimbing Konselor sebagai tenaga profesional perlu menguasai keterampilan dasar. Keterampilan dasar yang dimaksud meliputi teori/pendekatan konseling, keterampilan dasar komunikasi, dan keterampilan berpikir (mind skills). Menilik lebih jauh mengenai pelaksanaan pendidikan di Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) diperoleh data bahwa pembelajaran calon konselor belum tuntas. Belum tuntasnya pelaksanaan pembelajaran yang dimaksud adalah belum dilatihkannya mind skills secara memadai (mind skills masih menjadi nurturant effect). Penguasaan keterampilan tersebut perlu disiapkan dalam kegiatan pembelajaran selama pendidikan prajabatan. Strategi pembelajaran yang digunakan untuk internalisasi mind skills mahasiswa BK dalam praktik keterampilan dasar komunikasi adalah supervisi terbimbing. Supervisi terbimbing diterapkan melalui penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Pembelajaran dalam konteks penelitian ini adalah perkuliahan keterampilan dasar komunikasi. Rancangan penelitian yang digunakan mengadaptasi dari model Stephen Kemmis, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun instrumen pengumpulan datanya meliputi: pedoman observasi perfomansi co-teacher, jurnal rekaman pembelajaran, refleksi mind skills, pedoman observasi perfomansi mahasiswa, Jurnal Pengalaman Belajar Mahasiswa (JPBM), format tugas harian mahasiswa, format UTS, format UAS, dan tes mind skills. Hasil akhir menunjukkan bahwa supervisi terbimbing dapat membantu mahasiswa melakukan internalisasi mind skills dalam praktik keterampilan dasar komunikasi. Hasil tersebut diperoleh setelah peneliti melaksanakan tindakan selama II siklus. Kekurangan yang ditemukan peneliti pada siklus I selanjutnya digunakan sebagai dasar perencanaan siklus II. Pelaksanaan peer supervision dalam siklus II yang dirupakan dalam kegiatan tutor sebaya terbukti dapat membawa perubahan positif bagi mahasiswa. Pada akhir siklus II mahasiswa dapat mencapai semua indikator ketercapaian mind skills. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada jurusan BK beserta jajaran dosen pengajar untuk mengupayakan bagaimana agar mind skills dapat dikelola sejak dini dan secara berkelanjutan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti setiap komponen mind skills sehingga diketahui mana yang paling memberikan kontribusi untuk konselor saat melakukan konseling. Peneliti selanjutnya dapat menerapkan supervisi terbimbing pada mata kuliah lain yang menekankan adanya praktikum untuk menguji keajekan efektivitasnya, atau membandingkan supervisi terbimbing dengan jenis supervisi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56905

Actions (login required)

View Item View Item