Keefektifan pendekatan cognitive behavior modification untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMA / Roiyan One Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pendekatan cognitive behavior modification untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMA / Roiyan One Febriani

Febriani, Roiyan One (2017) Keefektifan pendekatan cognitive behavior modification untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMA / Roiyan One Febriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriani Roiyan One. 2017. Keefektifan Pendekatan Cognitive Behavior Modification untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M.A (2) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. Kata Kunci prokrastinasi akademik pendekatan cognitive behavior modification SSD Prokrastinasi akademik merupakan bentuk perilaku menunda yang bersumber dari pemikiran siswa yang dilakukan dengan sengaja dan berulang-ulang dengan melakukan aktivitas lain yang tidak mendukung dalam pengerjaan tugas-tugas akademik. Prokrastinasi akademik merupakan salah satu masalah serius yang harus segera diselesaikan dengan pendekatan konseling. Pendekatan yang digunakan untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa adalah pendekatan cognitive behavior modification dengan tiga tahapan yaitu observasi diri melakukan dialog internal baru dan belajar keterampilan baru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pendekatan cognitive behavior modification untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan single subject design (SSD) bentuk rancangan A-B-A Baseline (A) Intervensi (B) Baseline (A ). Tahap yang dilakukan dalam penelitian yaitu tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Subjek penelitian adalah lima orang siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang yang dijaring melalui skala prokrastinasi akademik. Instrumen perlakuan/intervensi berupa buku panduan penerapan cognitive behavior modification untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMA. Instrumen pengumpul data menggunakan skala prokrastinasi akademik lembar observasi lembar refleksi dan lembar tugas. Data perkembangan siswa dianalisis menggunakan analisis visual grafik dengan metode split middle. Hasil analisis visual grafik menunjukkan bahwa terjadi penurunan pada fase intervensi (B) dan fase baseline (A2) pada masing-masing subjek dengan jumlah penurunan tiap sesi berbeda-beda. Persentase data tumpang tindih masing-masing siswa adalah 0% kurang dari 10% yang berarti pendekatan cognitive behavior modification sangat efektif untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMA. Hasil analisis uji wilcoxon sebelum dan sesudah intervensi yaitu nilai z hitung sebesar -2 032 dan probabilitas sebesar 0 042 lebih kecil dari 0 05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi sehingga dapat diketahui bahwa H0 ditolak yang berarti pendekatan cognitive behavior modification efektif untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMA. Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran (1) saran untuk konselor sebaiknya menggunakan pendekatan cognitive behavior modification untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa (2) peneliti selanjutnya dapat menambah jumlah baseline agar mendapat data yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56902

Actions (login required)

View Item View Item