Penerapan model mind map (peta pikiran) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Karangbesuki 02 Malang / Hafit Arifiandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model mind map (peta pikiran) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Karangbesuki 02 Malang / Hafit Arifiandi

Arifiandi, Hafit (2015) Penerapan model mind map (peta pikiran) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Karangbesuki 02 Malang / Hafit Arifiandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifiandi Hafit. 2015. Penerapan Model Mind Map (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Karangbesuki 02 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulton M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom Kata Kunci mind map motivasi belajar hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan di SDN Karangbesuki 02 Malang guru menjelaskan bahwa pembelajaran IPA masih kurang sesuai dengan harapan. Guru sudah berusaha maksimal dan hasilnya mengalami peningkatan akan tetapi belum sesuai harapan. Hal ini dikarenakan siswa masih belum dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan cenderung tidak memperhatikan pembelajaran. Mind map merupakan cara mencatat yang efektif dalam mengembangkan gaya belajar visual yang melibatkan otak kiri dan otak kanan. Dengan mind map diharapkan siswa menjadi tertarik dan lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Maka peneliti akan mengadakan penelitan tindakan kelas dengan judul Penerapan Model Mind Map (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Karangbesuki 02 Malang . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dan apakah penerapan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas III SDN Karangbesuki 02 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan model pembelajaran mnd map dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA kelas III SDN Karangbesuki 02 Malang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari sebelum dan sesudah tindakan. Motivasi belajar siswa sebelum tindakan terdapat 23 siswa yang sudah termotivasi atau sebanyak 79 3% motivasi meningkat sesudah tindakan terdapat seluruh siswa sudah termotivasi atau sebanyak 100%. Hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 54 24% pada siklus I meningkat menjadi 69 88% dan pada siklus II meningkat menjadi 83 84%. Adapun kesimpulan yang diperoleh yaitu Penerapan model pembelajaran mind map dapat meningatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Kelas III SDN Karangbesuki 02 Malang . Disarankan bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran mind map terutama pada kegiatan inti agar membimbing siswa dalam membuat mind map karena beberapa siswa terkadang mengalami kesulitan menentukan isi mind map mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item