Keefektifan konseling teknik self-instruction dan self-monitoring untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMA / Prio Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling teknik self-instruction dan self-monitoring untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMA / Prio Utomo

Utomo, Prio (2017) Keefektifan konseling teknik self-instruction dan self-monitoring untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMA / Prio Utomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utomo Prio. 2017. Keefektifan Konseling Teknik Self-instruction dan Self-monitoring Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa SMA. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Adi Atmoko M.Si. Pembimbing (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. Kata kunci motivasi berprestasi konseling teknik self instruction konseling teknik self monitoring. Keberhasilan siswa mencapai prestasi di dalam belajarnya salah satu faktor yang mempengaruhi adalah peran motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan dorongan yang menggerakkan diri untuk mencapai standart of excellence. Penelitian ini didasari fonemena lapangan yang menunjukkan tingkat motivasi berprestasi siswa SMA masih dalam kategori rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa melalui konseling teknik self-instruction dan self-monitoring dan untuk mengetahui perbedaan peningkatkan motivasi berprestasi siswa setelah diberi kedua teknik tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental research dengan rancangan the pretest post-test two treatment designs. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Malang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 20 siswa terdiri dari 10 subjek kelompok eksperimen I (konseling teknik self-instruction) dan 10 subjek kelompok eksperimen II (konseling teknik self-monitoring). Instrumen pengumpulan data menggunakan skala motivasi berprestasi uji validitas menghasilkan nilai sebesar 0 791 dan uji reliabilitas menghasilkan nilai sebesar 0 821. Analisis data menggunakan analisis deskripstif dan analisis statistik (uji wilcoxon dan uji the mann-whitney u test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan motivasi berprestasi siswa secara signifikan setelah diberi konseling teknik self-intruction hasil pretest-posttest menghasilkan nilai sebesar -2 805 (asymp.sig 0 005 0 05) (2) terdapat peningkatan motivasi berprestasi siswa secara signifikan setelah diberi konseling teknik self-monitoring hasil pretest-posttest menghasilkan nilai sebesar -2 803 (asymp.sig 0 005 0 05) (3) tidak terdapat perbedaan peningkatan motivasi berprestasi siswa secara signifikan setelah diberi konseling teknik self-intruction dan self-monitoring hasil posttest dari kedua teknik tersebut menghasilkan nilai sebesar -.228 (asymp.sig 0 820 0 05). Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan (1) konseling teknik self-intruction dan self-monitoring ini dapat dijadikan sebagai solusi alternatif dalam usaha meningkatkan motivasi berprestasi siswa (2) pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan layanan dalam setting individual dalam upaya mengatasi masalah rendahnya motivasi berprestasi siswa (3) bagi jurusan bimbingan dan konseling hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai kajian teoritis dan kajian penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56899

Actions (login required)

View Item View Item