Keefektifan supervisi klinis untuk meningkatkan keterampilan konseling ringkas berfokus solusi bagi calon konselor / Imaniyatul Fithriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan supervisi klinis untuk meningkatkan keterampilan konseling ringkas berfokus solusi bagi calon konselor / Imaniyatul Fithriyah

Fithriyah, Imaniyatul (2017) Keefektifan supervisi klinis untuk meningkatkan keterampilan konseling ringkas berfokus solusi bagi calon konselor / Imaniyatul Fithriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fithriyah Imaniyatul. 2017. Keefektifan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Keterampilan Konseling Ringkas Berfokus Solusi Bagi Calon Konselor. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M. Pd. (II) Prof. Dr. Nur Hidayah M. Pd. Kata Kunci supervisi klinis keterampilan konseling ringkas berfokus solusi calon konselor Penguasaan terhadap keterampilan konseling sangatlah penting untuk dimiliki oleh calon konselor yang mana harus dipersiapkan selama masa pendidikan prajabatan. Oleh karenanya dibutuhkan ahli atau pakar konseling yang dapat mensupervisi keterampilan konseling ringkas berfokus solusi calon konselor. Dengan adanya supervisi dapat membantu dan menfasilitasi perkembangan calon konselor dalam meningkatkan keterampilan konseling mereka. Keterampilan yang dimaksud meliputi keterampilan dasar komunikasi mind skills tahapan dan teknik yang digunakan dalam konseling ringkas berfokus solusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan konseling ringkas berfokus solusi setelah mendapatkan intervensi supervisi klinis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan single subject design. Bentuk rancangan penelitian yang digunakan adalah A-B-A . Subyek dalam penelitian ini adalah calon konselor jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang yang teridentifikasi memiliki keterampilan konseling ringkas berfokus solusi rendah. Data tingkat keterampilan konseling ringkas berfokus solusi diperoleh dari hasil observasi self inventory dan lembar refleksi. Analisis data menggunakan analisis data visual dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ketiga subjek pada fase baseline (A) memiliki keterampilan konseling ringkas berfokus solusi rendah dengan mean 11.8. Pada fase intervensi (B) ketiga subjek mengalami peningkatan level dan trend namun tidak terlalu tajam. Sedangkan pada fase baseline (A ) keterampilan konseling masing-masing subyek sedikit demi sedikit mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan konseling ringkas berfokus solusi meningkat setelah mendapatkan intervensi supervisi klinis. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disarankan bagi calon konselor hendaknya melakukan supervisi ketika melakukan praktik konseling. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian supervisi klinis dengan mengikutsertakan keterampilan komunikasi dan mind skills sebagai tolak ukur untuk melihat efektivitas keterampilan konseling ringkas berfokus solusi. ABSTRACT Fithriyah Imaniyatul. 2017. The Effectiveness of Clinical Supervision to Increase Solution Focused Brief Counseling Skills for Candidate Counselors. Thesis. Guidance and Counseling Study Program. Graduate State University of Malang. Advisors (I) Dr. Blasius Boli Lasan M. Pd. (II) Prof. Dr. Nur Hidayah M. Pd. Keywords clinical supervision solution focused brief counseling skills candidate counselors Mastery of counseling skills is very important to be owned by candidate counselors which should be prepared during preservice education. Therefore it takes an expert counseling to supervise solutions focused brief counseling skills candidate counselors. Supervising can assist and facilitate the development of counselors in improving their counseling skills. The skills referred include basic communication skills mind skills stages and techniques used in solutions focused brief counseling. The purpose of this study was to determine the level of solution-focused brief counseling skills after obtaining clinical supervision intervention. This research was an experimental research using single subject design. The research design was A-B-A . The subjects in this study are candidate counselors department of guidance and counseling State University of Malang who is identified as having a solution focused brief counseling skills low. The level data of solution brief counseling skills on the baseline and intervention phases were obtained through observation self inventory and reflection sheet. Analysis of data using visual data analysis and descriptive analysis. The results showed the three subjects at the baseline phase (A) has a solution focused brief counseling skills low with mean 11.8. In the intervention phase (B) the three subjects experience increased levels and trends but not too sharp. While in the baseline phase (A ) counseling skills each subjects is gradually increased. This suggests that the level of solution focused brief counseling skills increases after obtaining clinical supervision interventions. Based on the the research findings and discussion it is suggested that the candidate counselors should conduct supervision when doing counseling practice. For the next researcher it can conduct clinical supervision research by incorporating communication skills and mind skills as a benchmark to see the effectiveness solution focused brief counseling skills.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56898

Actions (login required)

View Item View Item