Keefektifan teknik self-instruction untuk menurunkan perilaku agresif siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Rina Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik self-instruction untuk menurunkan perilaku agresif siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Rina Rahmawati

Rahmawati, Rina (2017) Keefektifan teknik self-instruction untuk menurunkan perilaku agresif siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Rina Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Rina. 2017. Keefektifan Teknik Self-Instruction untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. (II) Prof. Dr. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci keefektifan konseling teknik self-instruction perilaku agresif. Remaja di usia sekolah menengah kejuruan diketahui memiliki kecenderungan sikap dan perilaku yang mengarah pada perilaku agresif. Perilaku agresif siswa SMK dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Perilaku agresif siswa SMK bila tidak dikelola dan ditangani dengan baik akan menimbulkan efek yang buruk bagi diri siswa sendiri dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena penelitian ini menawarkan intervensi berupa teknik self-instruction sebagai salah satu alternatif layanan responsif yang akan diberikan oleh konselor dalam bentuk layanan konseling individual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa menurunkan perilaku agresif melalui konseling teknik self-instruction. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan single subject design (SSD). Berdasarkan hasil pengukuran dengan menggunakan skala perilaku agresif diketahui terdapat 4 siswa SMK kelas X TSM yang memiliki perilaku agresif kategori sangat tinggi dan tinggi dibandingkan siswa yang lainnya. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 kali pertemuan yang dilaksanakan di sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdapat dua jenis pertama instrumen bahan perlakuan terdiri atas panduan konseling teknik self-instruction kedua instrumen pengukuran menggunakan skala perilaku agresif observasi. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis visual grafik dan trend. Penelitian ini membuktikan bahwa teknik self-instruction efektif menurunkan perilaku agresif siswa SMK. Penurunan perilaku agresif siswa ini diketahui melalui analisis visual dari grafik pada masing-masing subjek penelitian mulai sebelum selama dan sesudah diberikan konseling teknik self-instruction. Berdasarkan analisis visual diketahui overlap atau tumpang tindih masing-masing subjek yaitu 0%. Dapat disimpulkan bahwa konseling teknik self-instruction ini terbukti sangat efektif untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMK. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang dapat diberikan kepada pertama konselor sekolah (1) dapat menggunakan konseling teknik self-instrcution sebagai salah satu alternatif layanan untuk membantu menurunkan perilaku agresif (2) waktu pelaksanaan konseling dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah dan siswa dan (3) konselor dapat meminimalisir keadaan yang dapat menganggu kelancaran proses konseling. Saran kedua diperuntukkan pada peneliti selanjutnya (1) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian lebih lanjut dengan fokus perilaku agresif yang lebih bervariasi (2) dapat ditindaklanjuti dengan populasi yang lebih luas lagi dan (3) penelitian ditindaklanjuti dengan rancangan metode penelitian yang lebih bervariasi lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56896

Actions (login required)

View Item View Item