Pengembangan panduan self control guna mengatasi social media addiction untuk siswa SMA / Meilina Purwandari Rahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan self control guna mengatasi social media addiction untuk siswa SMA / Meilina Purwandari Rahmi

Rahmi, Meilina Purwandari (2017) Pengembangan panduan self control guna mengatasi social media addiction untuk siswa SMA / Meilina Purwandari Rahmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmi Meilina Purwandari. 2017. Pengembangan Panduan Self-Control guna Mengatasi Social Media Addiction untuk siswa SMA. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji M.Si. Pembimbing (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Kata kunci panduan self control social media addiction Self control sangat penting untuk dimiliki oleh seorang remaja agar terhindar dari pengaruh social media addiction. Jika self control remaja rendah maka akan sulit untuk menahan impuls yang datang secara tiba-tiba. Social media membuat penggunanya menjadi lupa waktu lupa diri dan melupakan hal lain di sekitarnya serta kebanyakan dari mereka lebih cenderung beraktivitas atau berinteraksi dengan gadgetnya. Melihat atau berinteraksi dengan banyak orang di social media secara terus-menerus sebagai konsekuensi dari kegegalan mengendalikan impuls dari dorongan untuk melihat layar komputer atau layar smartphone banyak dirasakan oleh remaja yang merupakan social media addiction. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan self control guna mengatasi social media addiction untuk siswa SMA. Pengembangan panduan ini menggunakan model penelitian Borg Gall (1983) yang disederhanakan oleh Dwiyogo (2004) menjadi tiga tahapan yang meliputi (1) tahap I persiapan (2) tahap II pelaksanaan dan (3) tahap III uji coba. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa panduan self control guna mengatasi social media addiction untuk siswa SMA yang terdiri dari panduan bagi konselor dan buku bagi siswa. Panduan ini digunakan sebagai media dalam meningkatkan self control dan menurunkan social media addiction siswa SMA. Sehingga siswa dapat meminimalisir penggunaan social media secara berlebihan. Berdasarkan penilaian ahli materi ahli media uji pengguna (konselor dan siswa) dan uji kelompok terbatas panduan yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini telah memenuhi kriteria kelayakan dan keberterimaan. Pada penelitian selanjutnya perlu diadakan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektivan panduan terutama pada subjek yang berbeda. Panduan self control guna mengatasi social media addiction untuk siswa SMA perlu didiseminasikan kepada guru BK melalui MGBK di Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56894

Actions (login required)

View Item View Item