Keefektifan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan efikasi-diri akademik siswa SMA / Eklys Cheseda Makaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan efikasi-diri akademik siswa SMA / Eklys Cheseda Makaria

Makaria, Eklys Cheseda (2017) Keefektifan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan efikasi-diri akademik siswa SMA / Eklys Cheseda Makaria. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Makaria Eklys Cheseda. 2017. Keefektifan Teknik Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Efikasi-Diri Akademik Siswa SMA. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci konseling realita menulis ekspresif efikasi-diri akademik Efikasi-diri akademik adalah kepercayaan atau keyakinan diri individu terhadap kemampuan mereka untuk melakukan tugas-tugas akademik dan berhasil dalam kegiatan akademik. Siswa yang memiliki efikasi-diri akademik rendah mudah merasa cemas depresi tegang dan merasa tidak mampu dalam menghadapi tugas-tugas akedemiknya. Siswa dengan efikasi-diri akademik rendah membutuhkan bantuan untuk meningkatkan keyakinan diri terhadap kemampuannya serta membantu untuk berperilaku efektif. Menulis ekspresif dengan konseling realita akan membantu siswa untuk mengekspresikan perasaan-perasaan negatif terkait tugas-tugas akademik yang akan membuat siswa dapat berpikir dan berperilaku efektif dalam bidang akademik. Rumusan masalah penelitian yang menggunakan strategi concurrent embedded ini adalah apakah konseling realita dengan menulis ekspresif efektif untuk meningkatkan efikasi-diri akademik siswa SMA . Intervensi konseling realita dengan menulis ekspresif dilakukan dengan eksperimen yang berbentuk one-group prestest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas X SMA di Malang. Analisis terhadap nilai pretest dan posttest siswa menunjukkan nilai Asymp. Sign. (2-tailed) sebesar 0 001 ( 8804 0 05). Perubahan tingkat efikasi-diri akademik tiap subjek penelitian dari tulisan ekspresif terpeta jelas dalam rubrik Expressive Writing yaitu terjadi perubahan jumlah dan ragam kata kognitif kata positif dan kata negatif serta terjadi perubahan emosi. Pada pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketiga siswa menuliskan banyak kata beremosi negatif sedikit kata kognitif dan sedikit kata beremosi positif namun pada pertemuan keempat sampai dengan pertemuan terakhir siswa banyak menuliskan kata beremosi positif dan kata kognitif dan hampir tidak ada kata beremosi negatif. Pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga siswa hanya menuliskan ragam kata kausal dan hambatan namun pada pertemuan keempat sampai pertemuan terakhir siswa menuliskan ragam kata refleksi diri ketidaksesuaian kausal kemungkinan kepastian dan hambatan. Kata positif mulai dituliskan oleh siswa pada pertemuan kedua sedangkan kata negatif hanya dituliskan dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Perubahan emosi siswa terpeta jelas dari emosi negatif pada pertemuan pertama sampai pertemua ketiga (bingung cemas takut khawatir bosan jengkel) menjadi emosi positif pada pertemuan keempat sampai pertemuan keenam (senang bahagia bangga semangat yakin penasaran). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah konseling realita dengan menulis ekspresif efektif dalam meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMA. Saran bagi konselor KRME dapat digunakan sebagai strategi untuk membantu siswa meningkatkan efikasi-diri akademik di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta memperbanyak subjek penelitian dari berbagai populasi jenjang kelas dan jenjang pendidikan yang berbeda. Peneliti selanjutnya juga dapat mengembangkan penelitian ini dengan menguji keefektifannya pada aspek lain seperti kepercayaan diri harga diri keterampilan memecahkan masalah dan kemampuan pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56891

Actions (login required)

View Item View Item